Beranda Games

Kartini Masa Kini: Hasna Tsaniya, Produser Game

4
0

Perayaan Hari Kartini di Indonesia yang kita ketahui memang merupakan hari penghargaan bagi para perempuan Indonesia. Tidak hanya sekadar lomba berbusana daerah di sekolah seperti saat kita kecil, tapi makna Hari Kartini lebih kepada perempuan-perempuan Indonesia yang diharapkan bisa membawa perubahan seperti halnya Ibu Kartini di masa lalu.

Di zaman modern ini, perempuan Indonesia juga bisa memberikan banyak kontribusi di berbagai bidang, termasuk juga bidang games. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa banyak prempuan-perempuan Indonesia yang menjadi produser game di berbagai game developer. Salah satunya Hasna Tsaniya, dari Nightspade, mobile game developer asal Bandung.

Tanggal 22 April 2014 lalu, Hasna Tsaniya atau yang biasa dipanggil Nia ini dinobatkan menjadi salah satu Young and Talented Srikandi Merah Putih di bidang industri game tanah air. Program Srikandi Merah Putih merupakan salah satu campaign dari Indosat untuk menghargai perempuan-perempuan Indonesia yang berprestasi dibidangnya masing-masing. Acara ini sebenarnya salah satu rangkaian dari acara Kartini Next Generation 2014 yang diadakan oleh Kemkominfo dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Hasna Tsaniya (kedua dari kiri) saat menerima penghargaan di Kartini Next Generation 2014
Hasna Tsaniya (kedua dari kiri) saat menerima penghargaan di Kartini Next Generation 2014

“Mungkin uniknya karena saya bergerak dibidang Creative Industry kali ya, khususnya Game Industry. Kan jarang tuh cewek di industri ini. Saat penjurian, kebanyakan sih pertanyaannya tentang pekerjaan saya sebagai game produser di Nightspade dan prestasi apa aja yang sudah diraih selama bergerak di bidang ini,” ujar Nia.

Lulusan Desain Komunikasi Visual ITB ini memulai karirnya di bidang game sejak ia membuat tugas akhir kuliahnya berupa game tentang binatang langka berjudul AMAGO yang dibantu oleh mobile game developer Nightspade. Setelah itu Nia menjadi staf marketing dan public relation untuk Nightspade, hingga akhirnya ia kini menjadi game producer di sana.

Topik Hot Lainnya:   Daftar Game Android Bertema Star Wars Terbaik

Semoga di tahun-tahun yang akan datang, akan semakin banyak perempuan Indonesia yang berjasa di industri game ini ya. Tidak hanya sebagai penyuka atau pemain game, tetapi juga bisa menjadi produser dan membanggakan negara kita seperti Nia.

(foto: dokumentasi pribadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen − eleven =