Ponsel Android sekarang rata-rata sudah dapat mendukung USB on the go (OTG) ada yang sudah aktif secara default , namun ada juga yang harus diaktifkan terlebih dahulu. Kebanyakan dari kita menggunakan fitur USB OTG ini hanya untuk menghubungkan flash drive ke ponsel Android.

Tetapi tahukah Gadgeteers jika sebenarnya fitur USB OTG yang ada di ponsel Android  bisa digunakan untuk beberapa kegunaan lainnya. Berikut kegunaan USB OTG di Android selain untuk flash drive.

Bermain Game di Ponsel dengan Controller

Beberapa tipe game di Android lebih seru jika dimainkan menggunakan stick controller. Selain menghubungkan controller game dengan bluetooth, Gadgeteers bisa juga menghubungkannya dengan USB OTG. keunggulannya akan jarang terjadi delay karena kita langsung menggunakan kabel untuk terhubung ke ponsel.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, Gadgeteers cukup menghubungkan kabel USB stick controller dengan USB OTG dan saat itu juga kita sudah bisa bermain game dengan bantuan controller. tetapi beberapa ponsel Android punya cara khusus untuk menggunakan controller ini, jadi Gadgeteers harus tetap mencari tahu perangkat apa yang kompatibel dengan ponsel yang sedang dipakai.

Mencetak Dokumen ke Printer Langsung dari Ponsel

untuk mencetak foto atau dokumen yang ada di ponsel biasanya kita harus memindahkannya terlebih dahulu ke pc atau laptop baru kemudian dapat dicetak menggunakan printer. Tetapi dengan ponsel Android yang mendukung fitur USB OTG Gadgeteers tidak perlu repot melakukan hal tadi, cukup hubungkan printer ke ponsel maka dokumen atau foto yang ingin di cetak dapat langsung di print. selain itu Gadgeteers juga harus mengecek apakah printer yang digunakan mendukung  sistem USB plug-and-play.

Mengontrol Kamera DSLR atau Mirrorless

Kegunaan fitur USB OTG yang satu ini pasti sangat berguna bagi Gadgeteers yang hobi fotografi. Gadgeteers tidak perlu transfer file dari  kamera ke PC jika untuk bisa mengunggah foto yang baru Gadgeteers jepret di Instagram. Dengan USB OTG, kamera bisa langsung tersambung dengan ponsel Android.

kegunaan lainnya adalah layar ponsel Gadgeteers  ponsel Android juga bisa digunakan menjadi layar langsung untuk kamera dan bisa mengatur fokus, kecepatan rana, dan lain-lain. Tentunya dengan bantuan software yang kompatibel dengan kamera.

Mengisi Daya Baterai ke Ponsel Lainnya

Lagi mengalami kehabisan daya baterai ponsel dan tidak bawa charger? Gadgeteers bisa mengisi daya baterai dari ponsel lain dengan cara menghubungkan keduanya melalui USB OTG. Caranya, ponsel Android yang bertugas sebagai pengisi baterai disambungkan dengan OTG, kemudian tancapkan kabel charger dan sambungkan ke ponsel Android lainnya. Ini sangat berguna terutama di situasi mendesak.

Menggunakan Mouse dan Keyboard di Ponsel

dengan spesifikasi ponsel Android yang sudah terbilang cukup baik ini Gadgeteers bisa mengubahnya sebagai pengganti PC atau laptop disaat terdesak. dengan USB OTG Gadgeteers bisa menghubungkan mouse dan keyboard untuk mengetik tugas atau pekerjaan kantor.

Jadi itu tadi beberapa kegunaan lain dari USB OTG yang bukan hanya sekedar untuk bisa terhubung ke flash drive, tetapi bisa berfungsi untuk lainnya.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri