Pada postingan yang lalu kita sudah ngebahas tentang cara menginstal aplikasi Google Camera atau GCam pada ponsel Android Xiaomi Redmi K20 Pro, yang belum tahu caranya silahkan baca di sini. Kali ini kita masih akan ngebahas tentang GCam, tetapi lebih ke syarat atau ciri atau kriteria ponsel Android seperti apa yang bisa diinstal aplikasi Google Camera.

Sebelum kita masuk kebahasan utama, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu alasan mengapa beberapa  pengguna Android khususnya yang doyan ‘ngoprek’ suka dengan aplikasi kamera yang satu ini. Alasannya adalah dengan menginstal aplikasi Google Camera, hasil foto yang dihasilkan diklaim menjadi lebih baik dari aplikasi kamera bawaan. Peningkatan kualitas gambar yang dihasilkan dari Google Camera tidak lepas dari keberadaan fitur Potrait Mode dan teknologi HDR+ yang terintegrasi di dalamnya. Kedua fitur ini bisa meningkat kualitas gambar secara dramatis, bahkan bisa menghasilkan foto bokeh meski perangkat hanya dibekali satu kamera saja.

Sebenarnya tidak cuma Google Pixel atau Xiaomi Redmi K20 Pro saja yang bisa di instal aplikasi GCam, ponsel Android lainnya pun bisa menggunakan aplikasi ini asalkan memenuhi syarat berikut ini.

Mendukung Camera2 API

Syarat pertama agar ponsel Android Gadgeteers bisa menggunakan aplikasi GCam adalah wajib atau telah mendukung Camera2 API. Apa itu Camera2 API? Singkatnya Camera2 API merupakan sebuah framework yang memungkinkan developer untuk mengakses fitur-fitur kamera yang meliputi, exposure, focus hingga ISO. Pertama kali diperkenalkan pada ajang Google I/O 2014 lalu, developer bisa mendapatkan akses penuh untuk melakukan kustomisasi dan optimalisasi pada aplikasi kamera buatannya.

Karena aplikasi Gcam membutuhkan akses tersebut, tentunya ponsel Gadgeteers harus bisa memberikan akses Camera2 API. Untuk mengecek apakah ponsel Android yang dimiliki sekarang  sudah mendukung Camera2 API sendiri cukup mudah. Yaitu cukup menggunakan aplikasi Manual Camera Compatibility Test, jika semua ceklis, itu berarti mendukung. Kedua menggunakan aplikasi Camera2 API Probe, pastikan data Hardware Support Level menunjukan akses Level 3 atau Full, karena jika Legacy atau Limited berarti belum mendukung.

Prosesor Qualcomm Snapdragon

Syarat kedua yang harus dimiliki oleh ponsel yang akan diinstal GCam adalah menggunakan prosesor Snapdragon. Alasanya, karena Gcam diambil dari Google Pixel, Gcam modifikasi akan dapat berjalan maksimal pada perangkat yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon, tentunya yang sudah didukung Camera2 API. Dan perlu juga gadgeteers diketahui adalah semakin tinggi prosesor tersebut, maka akan semakin cepat pemrosesan gambarnya.

Lantas apakah selain ponsel yang menggunakan prosesor Snapdragon tidak dapat menggunakan ? tenang tetap bisa, untuk pengguna  prosesor, seperti Exynos, MediaTek hingga Kirin tidak perlu berkecil hati. Karena beberapa developer dikabarkan sudah membuat Gcam yang support untuk prosesor tersebut, namun mungkin fitur yang bisa berjalan tidak sebanyak biasanya.

Bersumber dari forum XDA, beberapa seri ponsel Xiaomi selain REdmi K20 Pro, yang sudah bisa menginstal Google Camera tanpa harus root dan unlock bootloader yaitu, Xiaomi Mi Mix 2S, Xiaomi Mi 8, Xiaomi Mi 8 Explorer Edition, Xiaomi Mi 8 SE dan Poco phone F1.

Artikel Menarik Lainnya:

The following two tabs change content below.

Nurul Iman

Bertatapan dengan layar monitor dan internet dalah sebuah kenikmatan tersendiri