Beranda Berita

Kuartal Pertama 2015, XL Raup Rp5,5 T dan Canangkan 3 Strategi Baru

0
0

PT XL Axiata Tbk. (XL) kemarin, Rabu 6 Mei 2015 merilis laporan kinerja perusahaan yang meliputi laporan laba, kerugian, konsolidasi dan atribut lainnya selama kuartal pertama tahun 2015. Dalam kesempatan tersebut XL juga mengumumkan adanya upaya transformasi untuk dapat membangun bisnis yang lebih berkesinambungan di masa yang akan datang.

Di tahun 2015 ini, XL mempunyai agenda melakukan konsolidasi yang berfokus pada penciptaan nilai. Berbeda dengan di tahun 2014 yang lebih kepada integrasi setelah melakukan merger dengan Axis. Penciptaan value yang dicanangkan oleh XL bersifat jangka panjang dengan memperbaiki tiga hal yang akan langsung dipimpin oleh Presiden Direktur XL, Dian Siswarini. Pertama, memperbaiki bisnis inti selular (revamp), kedua meningkatkan value bagi pelanggan (rise) serta terakhir menghasilkan bisnis-bisnis baru non selular (reinvent).

Dian Siswarini

Salah satu agenda penciptaan nilai di atas sudah diterapkan dengan strategi dual brand XL dan Axis untuk mengisi relung konsumen yang berbeda di mana Axis diposisikan sebagai paket bagi konsumen kelas bawah yang cenderung memilih paket harga murah.

xl income

Pendapatan total XL selama kuartal pertama tahun 2015 tercata Rp5,5 triliun. Tak banyak peningkatan yang terjadi dibanding dengan periode yang sama tahun lalu. Sektor seluler menyumbangkan peningkatan pendapatan sebesar 3%, kemudian sektor data tumbuh signifikan sebesar 29%, menghasilkan kontribusi pendapatan sebesar 32%.

Sementara itu besaran laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi dan Amortisasi (EBITDA) tercatat mengalami degrasi sebesar 15% dibandingkan tahun 2014 di periode yang sama, menjadi Rp1,9 triliun dengan marjin sebesar 34%. XL mengalami kerugian sebesar Rp758 miliar yang merupakan buntut dari melempemnya nilai tukar Rupiah. Jika diperhitungkan dengan asumsi tanpa dampak kurs dan sebelum hasil pajak maka kerugian XL hanya Rp79miliar.

Topik Hot Lainnya:   Jelang Peluncuran, Xiaomi Rilis Video Teaser Mi 5X

Di tengah upaya yang dilakukan, XL terus memperluas cakupan bisnis dengan merambah sektor lain di luar dari bisnis utamanya. Yaitu dengan meluncurkan m-Fish, XCloud, Gudang Aplikasi, elevenia dan XL IoT yang terus mencatatkan pertumbuhan positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

13 + three =