Beranda Berita

Larangan Go-Jek Cs Dicabut, Ada Apa Ini?

8
0

Sebelumnya, Kementrian Perhubungan mengeluarkan keputusan tentang larangan terhadap Go-Jek dan jasa transportasi berbasis aplikasi yang membuat netizen berang. Namun ternyata tidak lama keputusan itu keluar, Kementrian Perhubungan Ignasius Jonan mencabut keputusan tersebut. Ada apa gerangan?

330317_kantor-gojek-di-jakarta_663_382viva.id

Ternyata respon dari masyarakat yang mayoritasnya tidak setuju itu melunakan keputusan Jonan. Ia mempersilahkan Go-Jek dan kawan-kawan beroperasi kembali, sebelumnya Jonan pun mengeluarkan keputusan tersebut karena mengacu terhadap Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 bahwa kendaraan roda-dua tidak dimasukan ke dalam sarana transportasi publik.

Di sisi lain, Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) mengatakan bahwa keputusan larangan tersebut aneh dan bertentangan dengan prinsip revolusi ekonomi digital yang dikumandangkan Presiden Joko Widodo. Ketua KPPU Syarkawi Rauf berpendapat bahwa pemerintah seharusnya mengakomodir serta mendorong agar perusahaan informal ini menjadi formal bukan membunuhnya begitu saja.

Tetapi terlepas dari itu KPPU tetap akan melakukan investigasi karena terdapat dugaan bahwa adanya persaingan tidak sehat antara moda transportasi tradisional dengan transportasi berbasis online seperti Go-Jek dkk itu. Lalu pada hari Senin nanti mereka akan memanggil beberapa pihak terkait untuk dimintai keterangannya.

Syarkawi pun sepertinya menyetujui pernyataan Jonan untuk mengubah Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tersebut, karena memang UU tersebut terkesan kaku sehingga disruptive innovation tidak bisa berjalan.

via Detik.com
featured image via hargatop.com
diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Facebook Messenger Kembali Cetak Rekor Baru