Beranda Aplikasi

Layanan City Improvement Qlue Akan Melenggang ke-12 Kota Besar di Indonesia

3
0

Qlue merupakan sebuah salah satu proyek dari start-up lokal TerralogiQ yang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mewujudkan program Jakarta Smart City. Kini, Qlue dikabarkan telah menghadirkan aplikasi yang bernama SmartCities.ID.

Sama seperti Qlue, SmartCities.ID memiliki tujuan untuk menyambungkan tali komunikasi antara warga dan pemerintah kota secara digital hanya melalui genggaman tangan lewat smartphone.

Qlueqlue.co.id

Rama Raditya selaku CEO dari TerralogiQ dan Qlue mengatakan bahwa mereka akan terus bekerja sama dengan sejumlah kota besar di Indonesia untuk mewujudkan mimpi smart city. Dengan menghadirkan SmarCities.ID ini pun, Rama berharap bahwa Indonesia dapat menjadi Smart Nation kedepannya.

Sebelumnya, pengguna Qlue yang khususnya merupakan warga Jakarta, dapat melaporkan segala hal yang terjadi di lingkungan sekitar mereka, seperti kemacetan, banjir, pelanggaran, jalan rusak, pedagang kaki lima, dan sebagainya. Terdapat sekiranya 12 kategori laporan yang disediakan oleh Qlue. Nantinya Gadgeteers yang sudah terdaftar bisa langsung melaporkan kejadian atau keluhan, dalam bentuk teks maupun foto. Laporan atau keluhan tersebut akan dilihat atau ditindaklanjuti oleh Pemerintah Daerah setempat.

Rama pun berharap, bahwa nanti kedepannya aplikasi yang dirinya kembangkan dapat menjadi pendorong bagi masyarakat untuk peduli terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya.

SmartCitiessmartcities.id

Adapun ke-12 kota besar tersebut adalah Bandung, Makassar, Denpasar, Manado, Surabaya, Bogor, Depok, Palembang, Bekasi, Yogyakarta, Pekanbaru, dan Semarang.

via techno.id
featured image via worldsmartcity.org
diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Internet Lambat, Google Izinkan Indonesia Tonton Youtube Secara Offline

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − one =