Gadgeteers kira-kira ada yang tahu kapan internet ditemukan? Jawabannya pasti berbeda-beda ya. Tidak ada yang salah dengan jawaban Gadgeteers, sampai kini pun banyak ilmuwan yang memperdebatkan kapan sebenarnya internet ditemukan dan oleh siapa.

Namun terlepas dari semua perdebatan tersebut, ada satu sejarah yang tak bisa dilupakan begitu saja dimana kemudian banyak peneliti yang percaya bahwa hari itulah ditemukannya internet. Sejarah dimana pada 29 Oktober 1969 atau 45 tahun lalu di Amerika Serikat, komputer SDS Sigma 7 milik University of California Los Angeles (UCLA) berhasil mengirimkan pesan ke komputer SRI di Universitas Stanford yang terpisah jarak 560 km.

www.gizmodo.com

www.gizmodo.co.uk

Pesan itu dikirim untuk pertama kalinya lewat ARPANET, jaringan packet switching pertama di dunia yang menjadi cikal bakal internet modern seperti yang Gadgeteers gunakan sekarang ini.

Tahukah Gadgeteers bahwa pesan pertama yang dikirimkan melalui internet itu hanyalah satu kata yaitu “Login”. Bukan satu kali kirim tetapi karakter tersebut dikirimkan satu demi satu dan menghabiskan waktu selama satu jam. Bisa dibayangkan bagaimana usaha yang dilakukan oleh Bill Duvall dan peneliti lain yang membantunya.

Dalam percobaan pertama tersebut semua orang menjadi antusias, Duvall bahkan selalu stand by di pesawat telepon dan menghubungi Charley Kline yang berada di Universitas Stanford setiap kali selesai mengirimkan satu karakter.

Saat Kline memastikan telah menerima huruf “L” pertama yang dikirim, Duvall dan rekan-rekannya makin antusias lalu melanjutkan mengirim huruf kedua dan lagi-lagi berhasil.

Tetapi di percobaan ketiga saat Duvall mengirim huruf berikutnya, komputer Kline di Stanford mengalami gangguan sebelum berhasil menerima kiriman dari UCLA. Setelah melewati berbagai upaya pantang menyerah akhirnya komputer kembali online dan Duvall menyelesaikan huruf yang belum terkirim. Dua jam kemudian sejak pengiriman huruf pertama, “Login” berhasil dikirimkan dengan sempurna.

45 tahun kemudian internet sudah jadi santapan sehari-hari yang bahkan menjadi kebutuhan wajib. Semua orang membutuhkan internet baik untuk berkomunikasi, bekerja, bersosialisasi, dan mencari hiburan. Perkembangan internet melesat cepat. Kini mengirim data, lagu dan video dalam ukuran besar dapat dilakukan tanpa harus menunggu berjam-jam.

via Gizmodo.co.uk
featured image via Bizreport.com
Editor: Eunike Kartini

loading...