Beranda Berita

Mark Zuckerberg Lepas Sejumlah Sahamnya di Facebook

2
0

Beberapa waktu yang lalu pendiri Facebook, Mark Zuckerberg pernah menyatakan keinginannya untuk melepas sebagian besar saham yang ia miliki di perusahaannya. Niatan itu tampaknya menunjukkan titik terang setelah sang empu perusahaan memulainya dengan berencana melepas 35 juta lembar sampai dengan 75 juta lembar saham selama 18 bulan ke depan.

Dari total penjualan tersebut, maka Mark berpotensi memperoleh dana tunai sebesar Rp168 triliun yang rencananya akan dipergunakan untuk mendanai yayasan Chan Zuckerberg Initiative, sebuah organisasi nirlaba yang diinisiasi oleh dirinya dan sang istri, Prscilla Chan setahun lalu.

Chan Zuckerberg Initiavite

 “Kami punya banyak pekerjaan di Chan Zuckerberg Initiavite, bersama ilmuwan, pendidik, dan dokter di seluruh dunia yang butuh dukungan hari ini, bukan berdekade-dekade mendatang,” tulis Zuckerberg dalam sebuah posting di Facebook Jumat kemarin.

Mark sendiri perlahan sudah mulai membuat kategori investasi baru di Facebook yang secara khusus hanya memberikan keuntungan kepada investor, tapi tidak dengan hak suara. Kategori ini memungkinkan Mark untuk tetap memegang kendali perusahaan meskipun ia bukan lagi pemilik saham mayoritas di dalamnya. Sebagai orang yang paham betul dengan Facebook, rasanya keputusan ini cukup beralasan.

Namun, belakangan saham Facebook membaik dan cenderung bergerak positif sehingga Mark hanya butuh menjual sedikit saham untuk memperoleh pendanaan segar yang cukup untuk yayasan Zuckerberg Initiative. Sehingga inisiatif kategori saham baru tersebut dibatalkan untuk sementara waktu.

“Saya tegaskan, ini tak mengubah rencana saya dan Priscilla untuk melepas 99 persen saham Facebook yang kami miliki sepanjang hidup,” ujar Zuckerberg. Mark sendiri masih mempunyai saham yang jika ditotal bernilai 70 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 930 triliun.

Topik Hot Lainnya:   Karyawan Facebook "Dipaksa" Hidup dengan Koneksi Lelet

via CNBC.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + 10 =