Beranda Berita

Mastel Hadirkan Fitur Pelaporan Berita Hoax via Android dan iOS

1
0

Berita hoax atau berita palsu tampaknya menjadi momok yang mulai menghantui dan meresahkan masyarakat. Kondisi ini mendorong sejumlah pihak untuk melakukan upaya pencegahan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi itu sendiri.

Selain menggalakkan gerakan Turn Back Hoax yang digulirkan beberapa waktu lalu, Mastel atau Masyarakat Telematika Indonesia juga memberikan dukungan melalui peluncuran fitur pelaporan berita palsu atau hoax di aplikasi Android dan juga iOS.

Interface aplikasi Mastel Indonesia versi Android
Interface aplikasi Mastel Indonesia versi Android

Langkah yang diambil oleh Mastel sejalan dengan kampanye Turn Back Hoax, memberikan solusi baru yang lebih cerdas dalam memberantas berita palsu yang meresahkan serta berpotensi memecah belah bangsa.

Laporan yang masuk akan langsung ke otoritas di Kementerian Kominfo RI dan Forum Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif. Nantinya diharapkan data yang masuk dapat menjadi basis pelaporan berita hoax untuk ditindak-lanjuti oleh pemerintah selaku regulator.

“Ayo kita dukung gerakan Turn Back Hoax, marilah bersama sama kita berantas berita fitnah dan hoax secara sistematis dan berkesinambungan untuk mewujudkan Masyarakat yang lebih beradab,” tulis Mastel dalam rilis resminya.

Mengingat fitur ini bersifat crowdsource, fitur pelaporan berita hoax bergantung pada peran serta masyarakat dalam melaporkan berita-berita palsu yang sudah terlanjur terbit di dunia maya. Gadgeteers yang ingin mendukung gerakan ini bisa mengunduh aplikasinya di Play Store dan App Store.

Selain melalui aplikasi ini, Gadgeteers juga bisa mengikuti tips yang @GadgetGaul tulis beberapa waktu lalu. Silahkan baca kembali di tautan ini.

via Liputan6.com
WN

Topik Hot Lainnya:   BlackBerry Berencana Rilis Ponsel Android?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 5 =