Beranda Berita

Meme “Tiup Lilin” Sindir Kabut Asap Kiriman Indonesia

6
0

Pembakaran lahan di tanah air, khususnya di daerah Sumatra dan Kalimatan yang terjadi hampir tiap tahunnnya telah menyebabkan polusi udara tak hanya di Indonesia tetapi juga ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Polusi udara tersebut bahkan telah mengganggu aktivitas sebagian besar warga.

Selain itu, pemerintah juga terkesan lambat dalam menangani masalah tersebut hingga berlangsung sampai dengan sekarang ini.

Karena alasan itulah, banyak sekali para netizen yang mengajukan keluhannya di dunia maya. Para netizen dari negara tetangga juga tak mau ketinggalan, mereka bahkan membuat sindiran yang berbau satire berupa kicauan ataupun meme (foto guyonan).

Salah satu kicauan disampaikan oleh Joakim Gomez, salah seorang penyiar radio asal Singapura yang isinya mengatakan bahwa kabut asap tersebut akan merubah sashimi menjadi salmon asap.

Setelah kicauan bernada menyindir, muncul pula meme di salah satu media sosial yang menyindir kabut asap tersebut. Salah satunya adalah meme ‘tiup lilin’ dengan tema Fiery Birthday Celebration. Pada meme tersebut terdapat tiga karakter yang berupa bendera negara Indonesia, Malaysia dan Singapura. Karakter Indonesia diminta meniup lilin kue ulang tahun ke-70 oleh dua karakter lainnya.

1119183meme-asap780x390

Lucunya, lilin tersebut tak langsung ditiup oleh Indonesia sehingga pada akhirnya api justru membesar. Dan pada saat api ditiup alhasil menimbulkan kabut asap yang menutupi karakter Malaysia dan Singapura.

Kabut asap yang terjadi setiap tahun ini tentulah sangat memprihatinkan sehingga salah satu kartunis asal indoensia tergerak untuk mencari solusi bersama dalam menyelesaikan dan mencari solusi yang terbaik lewat gerakannya di sunia maya dengan tagar #masih melawanasap. Tagar tersebut telah digunakan sebanyak 1300 kali di Instagram.

Topik Hot Lainnya:   Usung Sistem Dual Camera, Xiaomi Mi 5x Dijual Rp3 Juta

Gerakan lainnya dilakukan oleh Tan Yi Han, seorang konsultan keuangan asal Singapura dengan membuat Facebook Page ‘The People’s Movement to Stop the Haze.’ Semoga saja dengan adanya gerakan tersebut dapat membantu memberikan solusi terbaik untuk masalah kabut asap ini

via Tekno.kompas.com
diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

seventeen + 9 =