Beranda Review

[REVIEW] Menguji Penguasaan Kosakata dengan Game Sambung Kata

36
0

Sebagai warga negara yang baik, tentunya kita harus menggunakan bahasa ibu dengan bangga. Bahasa Indonesia sudah cukup lama dicanangkan di nusantara dan tentunya bagi Gadgeteers pun menggunakan bahasa Indonesia sudah bukan kesulitan lagi. Tetapi bagaimana dengan kosakata dalam bahasa Indonesia? Kadang kita tidak tahu apakah kata tersebut merupakan bahasa Indonesia, atau bahasa serapan.

Sambung-Kata-Featured

Dalam permainan Sambung Kata ini kita dapat menguji seberapa banyak kosakata yang kita ketahui. Permainan buatan Creacle Studio ini menghadirkan permainan yang simple dan tidak ribet. Yang harus Gadgeteers lakukan hanyalah menyambungkan suku kata terakhirnya dan menjadikannya kata baru. Terdengar mudah?

Untuk menyambungkan kata-nya Gadgeteers diberikan waktu berpikir 10 detik. Bila waktu habis maka permainan pun akan berakhir, oh iya! Bila ternyata Gadgeteers memasukan kata yang salah karena tidak baku contohnya, maka waktu berpikir akan dikurangi 3 detik. Sambung Kata menyajikan enam mode permainan, setiap mode sebenarnya hanya memiliki perbedaan.

PhotoGrid_1454821215428

Untuk mode melawan Bung Kata, Gadgeteers akan bermain bergantian dengan Bung Kata. Hal tersebut pun berlaku dalam mode multiplayer. Lalu dua mode terakhir yaitu Sudden Death dan 60 detik tidak memiliki spesialisasi lainnya, bila dalam mode Sudden Death, Gadgeteers akan langsung game over bila memasukan kata yang salah, serta untuk mode 60 detik Gadgeteers diberikan waktu 60 detik untuk menyambungkan kata sebanyak-banyaknya!

Salah satu yang membuat permainan ini menarik adalah, dari setiap kata yang kita tulis dan benar, terdapat penjelasan di bawahnya. Sehingga kita bisa mengetahui informasi lebih jelas dari KBBI tentang kata tersebut.

PhotoGrid_1454821257826

Sambung Kata menyediakan pengaturan untuk memilih keyboard yaitu custom atau default. Bila memilih custom, maka Gadgeteers akan menggunakan keyboard yang sudah mereka sediakan, dengan beberapa efeknya juga. Tetapi bila default maka Gadgeteers akan menggunakan keyboard yang Gadgeteers gunakan di ponsel. Sebenarnya terdapat beberapa bug di dalam keyboard custom tersebut, seperti contohnya adalah huruf yang tidak mau terhapus dan lain sebagainya.

Topik Hot Lainnya:   Daftar Harga Resmi Ponsel Windows Phone Januari 2014

Dari skala 10 sampai 100, permainan Sambung Kata ini memiliki nilai 85. Hal tersebut diakibatkan karena iklan yang kadang muncul secara tiba-tiba, padahal layar bagian bawah sudah terpampang adanya iklan. Sambung Kata baru tersedia untuk platform Android dan Windows Phone. Menurut website resmi-nya untuk pengguna iOS akan segera tersedia, jadi bersabar saja dahulu.

Bagaimana? Gadgeteers penasaran ingin menguji kosakata bahasa Indonesia-nya? Game bisa diunduh secara gratis di Google Play Store untuk pengguna Android, dan Windows Store untuk pengguna Windows Phone.

diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six + 4 =