Beranda Berita

Menkominfo Berikan Sejuta Domain .id Gratis, Begini Cara Mendapatkannya

6
1

Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Rudiantara merencanakan akan memberikan domain berakhiran .id secara cuma-cuma. Hal tersebut beliau utarakan agar orang-orang mau berpindah dan meninggalkan domain berakhiran .com sehingga akan menghemat biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan bandwidth internasional.

domain id
kompas.com

Untuk mewujudkan hal tersebut Menkominfo  mengalokasikan dana sebesar Rp50 Miliyar untuk menghadirkan sejuta domain .id yang berlangsung selama tiga tahun lamanya. Tentunya untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah, namun Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Andi Budimansyah mengatakan bahwa mereka sudah mempunyai cara-cara tersendiri agar cita-cita Menkominfo Rudiantara tercapai.

Mungkin bisa dibilang Andi ini belajar dari masa lalu, pasalnya ia mengatakan merasa khawatir kejadian saat ada program serupa yang bekerja sama dengan Google untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) terulang. Pada saat itu ia memberikan sekitar 20 ribu domain secara gratis, tetapi sayangnya domain tersebut tidak diperpanjang dan akhirnya mati.

Sasaran domain berakhiran .id adalah e-commerce, koperasi, UKM, sekolah termasuk pesantren, dan personal, yang dengan harapan lebih banyak sasarannya lebih besar juga rasa memiliki dan akhirnya program ini terlaksana dengan lancar. Bagi Gadgeteers yang berminat, cara pengajuan untuk mendapatkan domain .id ini tidak terlalu ribet kok. Nantinya kelompok atau perorangan yang berminat harus mengajukan dulu proposal untuk meminta domain ke komite yang dibentuk oleh Kominfo dan PANDI. Nah, jangan khawatir asalkan yang mengajukan domain tersebut berkewarganegaraan Indonesia pasti boleh.

Nah, bila program ini benar-benar terlaksana. Diharapkan konten positif di Indonesia dapat berkembang, selain  hemat, akses juga menjadi cepat. Bila sudah begitu, siapa yang tidak mau?

via net.detik.com
featured image via wikipedia.org
diedit oleh Winarso

Topik Hot Lainnya:   Inilah Smartphone Pertama yang Dapat Merekam Video 4K!

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − 6 =