Beranda Berita

Microsoft Gunakan Game Minecraft untuk Perkenalkan Coding Dalam 1 Jam

4
0

Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat keahlian dalam hal yang berbau teknis, seperti programming, menjadi lebih berharga dibanding masa – masa sebelumnya. Melihat tren itu, Microsoft bekerja sama dengan Code.org, sebuah perusahaan nonprofit yang menawarkan alat programming gratis bagi anak-anak, untuk menyediakan fasilitas untuk belajar bahasa programming dalam bentuk game populer milik mereka, Minecraft.

Di dalam game yang memiliki sistem 3D open world ini, anak-anak atau Gadgeteers yang berminat untuk mulai belajar programming dapat mempelajari hal-hal dasar sambil bermain. Tutorial di dalam game ini memiliki 14 level dari Minecraft yang akan membiasakan Gadgeteers untuk menggunakan code ketika sedang memainkannya.

18001

Hal-hal dasar seperti berjalan menghindari lava atau sekedar berjalan-jalan mencapai tujuan dengan menggunakan sistem “if, then”, akan menjadi hal pertama yang dipelajari Gadgeteers karena hal itu sangat penting dalam dunia programming. Tertarik untuk mencobanya? Mungkin Gadgeteers bisa langsung menyelesaikan 14 level dalam game ini hanya dalam 1 jam atau kurang.

Gadgeteers juga bisa mencoba mempelajari dasar-dasar coding dengan memainkan game lainnya seperti Flappy Bird, Star Wars, dan Frozen yang sebelumnya sudah tersedia di Code.org. Tahun ini, Minecraft hadir karena banyaknya permintaan dari partisipan sebelumnya.

Bagi Gadgeteers yang belum familiar dengan game ini, Minecraft adalah game yang dibeli oleh Microsoft dari perusahaan software Mojang AB pada 2014 dengan harga $2.5 miliar, angka yang sangat besar untuk sebuah game, walaupun tidak sebesar harga yang dibayar Activision Blizzard untuk membeli Candy Crush Saga.

via Bloomberg.com
diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   OPPO Luncurkan R9s dan R9s Plus, Apa Hebatnya?