Beranda Berita

Microsoft Rilis Lumia Windows 10 dengan Snapdragon 210 Akhir 2015?

1
0

Sejak mengakuisisi Nokia, Microsoft semakin gencar dalam mengembangkan Windows Phone. Banyak update yang diberikan pada sistem operasi Windows di smartphone agar dapat bersaing dengan Android dan iOS, seperti memberikan voice assistant bernama Cortana, update dari Windows 8 ke 8.1 Denim, dan memasarkan smartphone mereka dalam range harga yang variatif. Kali ini, kembali muncul bocoran kalau Microsoft sedang mempersiapkan smartphone terbaru mereka.

Menurut bocoran dari Digi Times, saat ini Microsoft sedang mempersiapkan sebuah smartphone yang menggunakan sistem operasi Windows 10 dengan harga yang murah. Ya, budget smartphone yang ditujukan pada pengguna entry level memang sedang menjadi primadona di beberapa negara seperti Tiongkok dan India. Dengan jumlah penduduk yang melebihi 1 milyar orang, kedua negara tersebut memang menjadi target utama para produsen smartphone yang berorientasi pada harga kompetitif.

Day 3 JPEG1 winsource.com

Harga yang dibanderol untuk smartphone ini dikabarkan akan berada di bawah US$80 (sekitar Rp1 juta). Dengan harga seperti itu, tentu kita tidak akan banyak berharap pada spesifikasi yang ditawarkan. Microsoft bekerja sama dengan Qualcomm, yang ingin mempertahankan posisi mereka dari produsen lainnya seperti MediaTek dan Spreadtrum untuk kelas menengah ke bawah.

Smartphone ini akan diperkuat dengan Qualcomm Snapdragon 210, prosesor yang memiliki 4 buah Cortex A7 (Quad Core) dengan kecepatan masing-masing 1.1GHz dan disertai dengan Adreno 304 sebagai GPUnya. Snapdragon 210 juga sudah dilengkapi dengan dukungan NFC, Bluetooth 4.1, dan WiFi  serta bisa mendukung layar hingga resolusi HD 720p, yang sulit untuk terwujud karena hingga saat ini belum ada smartphone seharga Rp1 juta yang memiliki resolusi layar setinggi itu. Prosesor ini juga bisa mendukung kamera hingga resolusi 8MP dengan kemampuan merekam video hingga resolusi Full HD 1080p dan H.265 encoding hardware.

Snapdragon 210 juga akan mendukung fungsi dual SIM yang mendukung jaringan 3G dan 4G LTE, mengingat semakin populernya konfigurasi dual SIM dan perkembangan 4G LTE yang pesat di Tiongkok dan India, termasuk Indonesia. Microsoft diperkirakan akan meluncurkan produk ini pada kuartal keempat tahun 2015, yaitu sekitar bulan Oktober, November, atau Desember.

Topik Hot Lainnya:   Coolpad Rilis Smartphone 5 Inci Rp2 Juta-an, Conjr

Walaupun tidak diperkuat dengan spesifikasi tinggi, Gadgeteers tidak perlu khawatir dengan performa dari smartphone berbasis Windows, mengingat salah satu keunggulan utama dari smartphone Windows adalah performanya yang mulus dan manajemen RAM yang baik meski dengan spesifikasi rendah.

Bagaimana dengan pendapat Gadgeteers tentang smartphone baru dari Microsoft ini?

via digitimes.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 + 16 =