Beranda Berita

NeoKylin, Windows XP “KW” Buatan Tiongkok

3
0

Ada-ada saja produk yang dibuat oleh negara dengan jumlah penduduk terbesar, Tiongkok. Pemerintah mereka bekerja sama dengan pembuat OS Ubuntu (Linux) pada 2013, untuk membuat OS alternatif Windows untuk kebutuhan pemerintahan, bisnis, dan pendidikan.

OS buatan Microsoft ini memang sangat populer, terutama Windows XP yang digunakan oleh 27% komputer disana sampai sekarang. OS itu diberi nama NeoKylin, dan coba tebak, OS ini sangat mirip dengan Windows XP!

28001

Dibuat oleh China Standard Software, NeoKylin mengadopsi Start menu dengan tema yang sangat-sangat mirip dengan Windows XP. Ketika Gadgeteers melihatnya mungkin Gadgeteers akan mengira kalau ini adalah Windows XP dengan bahasa Mandarin.

Tidak hanya dalam penampakannya saja, NeoKylin juga memiliki fitur My Computer, My Documents, Control Panel, sampai Recycle Bin. Sebagai pelengkap, NeoKylin juga menyertakan aplikasi Office untuk bersaing dengan Word, Excel, dan PowerPoint, yang dikabarkan mengambil referensi dari OpenOffice (sebuah software office yang gratis).

Langkah ini dianggap sebagai balasan pemerintah Tiongkok atas pengumuman Microsoft yang mengakhiri update untuk Windows XP karena umurnya yang sudah tua.

Karena sistemnya yang mirip dengan Windows XP, tak ayal NeoKylin langsung menjadi alternatif favorit warga Tiongkok. Dell juga tidak mau melewatkan kesempatan ini dengan menjual lebih dari 40% PC mereka yang sudah diberikan NeoKylin di dalamnya, seperti Dell OptiPlex, Dell Latitude, dan DellPrecision.

via Theverge.com
diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Xiaomi Ikut Berlomba Kembangkan Smartphone dengan Layar Lipat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × five =