Beranda Berita

Nexus Terbaru Akan Menggunakan USB Tipe C dan Sensor Sidik Jari

6
0

Setiap tahun, peluncuran android tipe baru akan diikuti dengan peluncuran Nexus tipe terbaru juga. Tren ini dimulai ketika Google meluncurkan Nexus One pada tahun 2010 dan berlanjut sampai sekarang.

Seri Nexus yang populer adalah Nexus 4 dengan Jelly Bean, seri-seri sebelumnya belum banyak dikenal oleh banyak orang karena pada saat itu Android memang belum stabil seperti sekarang. Kepopuleran Nexus 4 berlanjut ke Nexus 5 dengan KitKat, dan yang terbaru adalah Nexus 6 dengan Lollipop.

13001

Dengan diluncurkannya android M pada Google I/O kemarin, tentu Gadgeteers juga penasaran tentang spek terbaru dari Nexus ini, apalagi Nexus dikenal sebagai smartphone yang memiliki spesifikasi tinggi namun dengan harga yang terjangkau (kecuali Nexus 6). Tahun ini, akan ada 2 seri Nexus yang diluncurkan, yaitu Nexus 5 yang akan dibuat oleh LG dan Nexus 6 yang akan dibuat oleh Huawei. @Onleaks baru saja membagikan beberapa detail yang berhubungan dengan spesifikasi dari Nexus terbaru ini.

Untuk model dari LG, ukuran layarnya adalah 5,2 inci, yang cocok dengan rumor sebelumnya. LG Nexus juga akan memiliki mody yang terbuat dari metal, bukan plastik seperti Nexus 5 tahun 2013, dan memiliki speaker di bagian depan. LG Nexus juga akan menggunakan USB tipe C yang mulai banyak dipakai di gadget-gadget jaman sekarang seperti Oneplus Two dan New Macbook.

Selain itu, akan ada sensor sidik jari di bagian belakang. Sensor sidik jari memang akan semakin banyak disertakan dengan smartphone terbaru mengingat salah satu kelebihan android M dibanding android sebelumnya adalah penggunaan sensor sidik jari yang semakin mudah dan bisa digunakan untuk hal lain seperti berbelanja. Kelebihan dari android M yang lain bisa Gadgeteers baca di sini.
13002
Untuk model dari Huawei, ukuran layarnya adalah 5.7 inci, ukurannya mirip dengan Samsung seri Note. Selain ukuran, fitur-fitur yang diberikan Huawei akan sama dengan LG, seperti body dari metal, speaker di bagian depan, sensor sidik jari, dan USB tipe C.
13003
Perbedaan ukuran layar kedua Nexus tersebut memiliki efek ke tingkat resolusi yang digunakan. LG dengan layar 5,2 incinya akan menggunakan resolusi 1080p (Full HD) dan Huawei dengan 5,7 incinya akan menggunakan 1440p (QHD). Mungkin Google membedakan kedua tipe ini karena ada konsumen yang suka dengan layar yang tidak terlalu besar. Apapun ukurannya, tentu kita berharap kalau harga yang dibanderol akan kembali ke zaman dimana Nexus menjadi raja dari smartphone yang paling layak untuk dibeli.

Topik Hot Lainnya:   Asus Zenfone 3 Deluxe, Smartphone Snapdragon 821 Pertama Diresmikan

via Digitaltrends.com dan GSMarena.com
diedit oleh WN