Beranda Berita

Nokia is Back! Resmi Umumkan Tablet Android Lollipop “Nokia N1”

9
0

Brand Nokia akhirnya resmi kembali ke bisnis perangkat pintar dengan meluncurkan jagoan baru berupa perangkat tablet Android yang berinama Nokia N1. Ini merupakan debut perdana Nokia bukan hanya setelah resmi menjual divisi perangkat mobilenya ke Microsoft tapi juga kali pertama bagi mereka membuat perangkat tablet, menggunakan platform Android pula.

Seperti kita ketahui nama Nokia begitu lekat dengan perangkat ponsel Symbian dan Java, sempat ikut berjibaku dengan platform Windows Phone namun kemudian menyerah dan memutuskan melego divisi perangkat mobile ke Microsoft. Pasca penjualan tersebut praktis Nokia tidak bisa lagi menggarap sektor mobile.

Beberapa kali Nokia diberitakan akan kembali, namun peluncuran Nokia N1 jadi penegas bahwa mereka tampaknya tidak akan lagi menggeluti bisnis perangkat ponsel.

Nokia N1 membawa sejumlah spesifikasi menarik, desainnya sih terlihat biasa. Tapi coba kita lihat jeroannya. Nokia N1 membawa prosesor berbasis 64-bit Intel Atom Z3580 yang punya performa cukup apik, mampu berlari dengan kecepatan 2,3GHz dan ditopang komponen grafis PowerVR G6430 GPU yang berkecepatan 533MHz.

nokia n1_3
www.nokia.com

Kemudian membawa RAM 2GB dan kapasitas penyimpanan internal cukup lega yaitu 32GB. Jika Gadgeteers ingin mendapatkan gambaran performa, gabungan komponen-komponen ini memiliki performa yang sama baiknya dengan komponen kelas wahid Snapdragon SoC. Bahkan hasilnya telah diujikan lewat benchmark yang meyakinkan.

Berikutnya Nokia N1 menawarkan fitur koneksi mulai Bluetooth 4.0, WiFi, antena MIMO untuk menangkap sinyal yang lebih baik, hingga GPS dan juga dukungan seluler GSM dan data.

Di bagian luar, Nokia N1 terbalu di dalam layar 7,9-inch yang merupakan kombinasi layar LCD dan teknologi IPS beresolusi 2048 x 1536 pixel. Menjanjikan kualitas tampilan yang super jernih dan bersih. Kualitas layar perangkat ini boleh dibandingkan dengan iPad Mini 3 buatan Apple. Lainnya, Nokia N1 dilapisi Gorilla Glass 3 sebagai perlindungan dari goresan.

Topik Hot Lainnya:   Xiaomi Mi Note Pro Bisa Dipesan Mulai 6 Mei Mendatang
nokia n1_1
www.nokia.com

Yang tak kalah menarik terpampang pada komponen kamera di mana untuk kamera utama terdapat sensor 8MP ditambah kamera kedua 5MP dengan kemampuan yang tak perlu diragukan lagi. Seperti yang sudah disinggung, Nokia N1 berjalan dengan sistem operasi Android 5.0 Lollipop namun dengan sentuhan berbeda plus polesan Z Launcher buatan Nokia sendiri.

nokia n1_2
www.nokia.com

Dikutip dari PhoneArena, Nokia N1 akan dilepas dengan banderol Rp2,9 jutaan sebelum pajak. Rencananya tablet ini akan dirilis di awal tahun 2015 bertepatan dengan perayaan tahun baru Imlek.

via Phonearena.com
featured image via Nokia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six − 4 =