Beranda Berita

Nokia Kembali ke Bisnis Smartphone Tahun Depan?

3
0

Kiprah Nokia di industri mobile resmi berakhir ketika mereka menyerahkan divisi mobile dan layanan ke Microsoft pada tahun lalu. Sempat melahirkan perangkat tablet bernama Nokia N1 namun praktis skala bisnis perusahaan asal Finlandia tersebut tidaklah sebesar dahulu.

Namun Nokia tampaknya menolak untuk menyerah, belajar dari pengalaman perdana mengemas perangkat Android, sejumlah analis percaya perusahaan tersebut akan kembali ke industri mobile termasuk smartphone di tahun 2016 mendatang.

Dikatakan oleh sumber yang dekat dengan kabar tersebut saat ini Nokia sedang menyiapkan momen yang tepat untuk kembali merajut asa di industri mobile, bisnis yang dahulu pernah mereka kuasai dengan produk-produknya yang dikenal oleh seantero dunia.

ilustrasi Nokia N1
ilustrasi Nokia N1

Lebih jauh dikatakan saat ini sudah dibentuk sebuah divisi yang menangani 10ribu lebih paten Nokia untuk kemudian dirakit menjadi sebuah ide perangkat. Sebagaimana Nokia N1, mereka hanya akan memasok ide, teknologi dan desain. Namun menyerahkan perakitan dan pemasaran kepada perusahaan lain. Di proyek N1, Nokia menggandeng Foxconn yang notabene juga rekanan Apple dalam membuat iPhone dan iPad.

Belum ada kabar bagaimana respon Microsoft terkait rencana Nokia tersebut. Tidak diketahui juga apakah ada kesepakatan yang mewajibkan Nokia meminta izin kepada raksasa Redmon untuk kembali ke bisnis yang pernah membesarkan namanya tersebut.

via Recode.net

Topik Hot Lainnya:   Huawei Rilis Y3 (2018), Ponsel Android Go Pertamanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + thirteen =