Beranda Berita

PARC, Drone yang Bisa Mengudara Tanpa Henti

3
0

Sebuah perusahaan dari Boston, CyPhy Works baru saja meluncurkan sebuah drone bernama Persistent Aerial Reconnaissance and Communications (PARC), yang dapat diartikan sebagai “alat pengintaian dan komunikasi udara yang bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama”.

Sesuai dengan namanya, drone ini dapat mengudara selama mungkin tanpa harus mengkhawatirkan jumlah energi yang tersisa. Hal ini dimungkinkan karena PARC memiliki microfilament yang ditanamkan di dalamnya yang berfungsi untuk menerima energi dan data yang dikirimkan dari sumber yang tidak jauh dari tempat PARC mengudara.

07001

Karena tidak bisa mengudara terlalu jauh dari sumber energinya (maksimal 500 kaki), PARC memiliki mobilitas yang terbatas dibandingkan drone lain yang hanya menggunakan energi baterai. Walaupun microfilament yang terdapat di dalamnya cukup kuat, CyPhy tetap memberikan sumber energi berupa baterai di dalam PARC, untuk berjaga-jaga jika microfilament tersebut mengalami gangguan.

Teknologi yang digunakan PARC ini bukanlah hal yang baru. Sebelumnya, CyPhy telah memproduksi drone sejenis ini untuk kebutuhan militer yang sudah digunakan selama beberapa waktu. Tapi dengan adanya investasi $22 juta yang didapatkan, CyPhy bisa mengembangkan drone ini untuk diproduksi secara massal dan dijual untuk umum.

Dengan keunggulan dan keterbatasan yang dimiliki PARC, CyPhy mengatakan kalau drone ini cocok untuk digunakan sebagai alat komunikasi jarak jauh dan pengintaian, sama seperti arti dari singkatan PARC. Masih belum ada keterangan lebih lanjut mengenai harga dan kapan PARC bisa dibeli.

via engadget.com
diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Pelanggan Kian Menyusut, Telkom Flexi Resmi Ditutup