Beranda Berita

Pelanggan Kian Menyusut, Telkom Flexi Resmi Ditutup

6
0

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom resmi menutup layanan komunikasi CDMA mereka yang berada di bawa bendera Telkom Flexi. Akibatnya pelanggan yang saat ini masih setia menggunakan layanan tersebut akan dialihkan ke lini usahanya yang lain, Telkomsel.

Terkait penutupan anak bisnisnya ini Prakoso Imam Santoso selaku Acting Vice President Investor Relations PT Telkom berdalih bahwa keputusan tersebut terpaksa diambil menyusul adanya penataan pita frekuensi radio 800 Mhz guna memenuhi keperluan pengadaan jaringan seluler sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menkominfo nomor 30 tahun 2014.

PaketInternetFlexi-GG

Di mana dalam Surat No.623/DJSDPPI.1/HK/9/2014 tanggal 30 September 2014 oleh Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, PT Telkom menerima Surat Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika yang pada dasarnya memberikan lampu hijau untuk pengalokasian penggunaan pita frekuensi radio 800 Mhz rentang 880 – 887,5 Mhz berpasangan dengan 925 – 932,5 Mhz dari perseroan kepada Telkomsel.

Namun bila berkaca pada perkembangan bisnis Telkom Flexi tampaknya alasan yang dikemukakan tidak sepenuhnya tepat. Per semester pertama 2014 saja Telkom Flexi kehilangan hampir 65% dari total pelanggan yang sebelumnya 15,5 juta di semester pertama tahun 2013 menjadi 4,12 juta saja.

Data ini menjadi bukti sekaligus gambaran nyata bagaimana kondisi bisnis yang dimiliki oleh Telkom Flexi sebenarnya. Dengan kondisi seperti ini, diperparah dengan persaingan yang semakin berat, penutupan Flexi bukan sesuatu yang mengejutkan.

Pihak Telkomsel sendiri yang mendapat limpahan dari salah satu saudara tertuanya itu mengaku belum menentukan langkah teknis bagi para pengguna tersebut.

Untuk merampungkan proses peralihan ini Telkomsel mempunyai kewajiban menyetor total konsiderasi sebesar Rp2,828 triliun dimana Rp707 miliar sudah disetorkan kepada perseroan. Sementara sisanya sebesar 2,12 triliun akan dibayarkan segera dengan tanggal jatuh tempo pada 31 Desember 2014.

Topik Hot Lainnya:   Di IFA Berlin 2016, Acer Luncurkan Laptop Tertipis & Laptop Gaming Layar Lengkung

Edited by Mouldie Satria
via Tekno.kompas.com
featured image via iberita.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight − 3 =