Beranda Berita

Pemerintah Tiongkok Buat Jalan Khusus Pengguna Smartphone

6
1

Smartphone ataupun ponsel sejak lama sudah menjadi kambing hitam atas insiden kecelakaan baik yang melibatkan kendaraan, mesin atau pejalan kaki. Ironisnya banyak dari pengguna smartphone tidak belajar dari pengalaman sehingga kejadian serupa kerap menghiasi media cetak dan online.

Sadar betul kebiasan ini tidak hanya berbahaya bagi pengendara tetapi juga bagi pejalan kaki, pemerintah lokal Tiongkok membuat gebrakan unik dengan membangun jalan khusus yang diperuntukkan bagi pejalan kaki yang memiliki smartphone. Jadi, jalan khusus ini tak ubahnya trotoar namun peruntukannya lebih spesifik.

Tak lazim memang apalagi akan sangat sulit untuk memisahkan atau mengatur agar pejalan kaki biasa dan pengguna smartphone tidak berbaur yang berpotensi mengakibatkan kesalahpahaman antara mereka.

Namun ternyata pemerintah Tiongkok cukup kreatif. Untuk mengatasi masalah tersebut mereka membuat satu lintasan yang cukup lebar di mana kemudian jalan tersebut dipisah menjadi dua menggunakan cat berwarna putih dilengkapi dengan label sebagai patokan bagi para pengguna jalan.

www.Ubergizmo.com
www.Ubergizmo.com

Label dan garis tersebutlah yang menjadi batas pemisah antara pejalan kaki biasa dan pejalan kaki yang menggunakan smartphone. Kreatif ya?

Harus diakui bahwa langkah yang dilakukan oleh pemerintah Tiongkok ini terbilang kreatif, akan tetapi bila mempertimbangkan prioritas penyelesaian masalah, tampaknya mencegah orang menggunakan ponsel sambil mengemudi jauh lebih penting sebab kebiasaan inilah yang kerap memakan korban jiwa.

Bagaimana pendapat Gadgeteers bila ide di atas diterapkan di Indonesia?

via Ubergizmo

Topik Hot Lainnya:   5 Smartphone Android di Bawah Rp2 Juta Berkualitas Bagus

1 KOMENTAR

  1. –> Bagaimana pendapat Gadgeteers bila ide di atas diterapkan di Indonesia?

    Sebelumnya, apakah kita punya trotoar untuk pejalan kaki?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 + eighteen =