Beranda Berita

Peneliti Tiongkok Bisa Kendalikan Mobil Menggunakan Pikiran

3
0

Dunia otomotif kembali mendapat sebuah terobosan baru setelah sebelumnya diramaikan dengan teknologi mobil pintar (smart car). Para peneliti yang berasal dari Tiongkok membuat sebuah mobil yang bisa dikendalikan dengan pikiran, dengan kata lain, seperti telepati. Mungkin hal ini terdengar seperti fiksi belaka, tetapi terbukti nyata setelah tim peneliti dari Universitas Nankai di kota Tianjin melaporkan hasil penelitian mereka.

Di dalam penelitian itu, mereka memasangkan sebuah alat khusus di kepala sang sopir. Alat tersebut memiliki 16 sensor yang mendeteksi sinyal electroencephalogram (EEG) yang nantinya akan dikirimkan secara wireless ke komputer yang berada di dalam mobil. Komputer akan mendeteksi sinyal yang relevan dan menerjemahkannya sebagai sebuah perintah untuk mobil yang sedang dikontrol.

15002

Dengan menggunakan alat pembaca sinyal otak tersebut, sang sopir dapat mengontrol mobil untuk maju ke depan, mundur, berhenti, lalu mengunci dan membuka kunci mobil itu. Semuanya dapat dilakukan tanpa menggerakkan tangan dan kaki.

Profesor Duan Feng selaku pemimpin dari penelitian ini mengatakan bahwa teknologi baru ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, terutama bagi orang-orang yang mengalami masalah difabel. Profesor Duang Feng juga tidak menutup kemungkinan jika teknologi ini akan digabungkan dengan teknologi mobil pintar yang dikembangkan oleh Google.

15001

Walaupun terdengar sangat menjanjikan, teknologi “telepati” ini masih jauh dari sempurna karena hanya bisa membuat mobil melakukan perintah sederhana. Perintah yang lebih kompleks seperti membuat mobil berbelok masih belum bisa dilakukan. Saat ini belum ada rencana apapun untuk membuat mobil ini diproduksi secara masal. Namun jika terobosan ini dikembangkan secara serius dan berkelanjutan, mungkin kita dapat menikmati teknologi “telepati” tersebut dalam waktu 10 tahun.

Topik Hot Lainnya:   LeEco dan Coolpad Kembali Garap Smartphone Baru

via Reuters.com
diedit oleh WN