Beranda Berita

Pengguna Nokia Android Dapatkan Update OS

6
0

Nokia, salah satu vendor ponsel yang terkenal dengan produk-produk ponsel di masa lalu, kini telah dikuasai oleh Microsoft dan menjadi bagian dari hardware department-nya Microsoft. Tak pelak lagi, dibawah Microsoft, Nokia menjadi pabrik andalan untuk memproduksi ponsel-ponsel dengan Windows Phone seperti jajaran ponsel Lumia. Namun karena saat ini yang sedang tren adalah ponsel dengan OS Android dan perusahaan sekelas Nokia tentu saja tidak mau ketinggalan untuk ikut menikmati kue-kue manis pasaran android sehingga pabrik ponsel yang dulu terkenal dengan OS Symbian ini kemudian ikut memproduksi ponsel dengan OS Android yang diberi nama Nokia X. 

Nokia X adalah produk baru dan masih hangat di pasaran, namun begitu sudah banyak masyarakat Indonesia dan dunia yang memakai ponsel ini untuk kebutuhan komunikasi mereka sehari-hari. Ketertarikan masyarakat terhadap Ponsel Nokia ini tidak saja karena nama besar Nokia di masa lalu dan juga nama Microsoft di belakang Nokia saat ini, namun juga karena Nokia sangat serius untuk menggarap pasar Nokia Android ini. Hal ini terbukti dengan komitmen Nokia untuk menyediakan sistem operasi terbaik dengan selalu menyediakan update sistem operasi.

Saat ini para pengguna Nokia X sudah bisa mengupdate ponsel Nokia mereka dengan sistem operasi 1.1.2.2 yang baru saja diluncurkan beberapa hari yang lalu. Pihak Nokia mengatakan bahwa update ini akan memperbaiki kinerja Nokia X pada sektor performance dan juga ada penambahan beberapa aplikasi yang cukup signifikan bagi para pengguna Nokia Android ini. Update untuk Nokia X ini akan memberikan kepada pengguna  2 macam aplikasi tambahan yaitu Contact Transfer dan OneDrive yang fungsinya adalah untuk pengaturan dan transfer kontak dari ponsel Nokia ke media lain dan aplikasi pembantu untuk memindahkan data.

Topik Hot Lainnya:   Kini Pesan Tiket Pesawat & Booking Hotel Cukup Dengan Sebuah Aplikasi

Selain itu update Nokia 1.1.2.2 ini juga memperbaiki stabilitas Nokia Store agar bisa lebih memanjakan para pengguna Nokia dengan berbagai aplikasi yang mereka ingin download. Dengan kata lain, Nokia memang serius menggarap pasar Android walaupun Android yang dipakai Nokia tidak sama dengan Android pada ponsel merek lain.

Android pada Nokia adalah Android versi dasar yang telah dimodifikasi oleh Nokia sehingga Gadgeteers tidak akan menemukan Google Play pada handset Nokia. Bahkan ada beberapa aplikasi Android yang tidak bisa dijalankan pada Nokia X karena masalah kompatibilitas. Nokia sendiri mengakui hanya ada sekitar 75% aplikasi Android yang bisa dijalankan pada handset Nokia X tanpa harus melakukan perubahan dan penyesuaian apapun.

Bagi Gadgeteers yang tertarik melakukan update OS pada ponsel yang sudah dilengkapi dengan prosesor dual core 1GHz Qualcomm Snapdragon S4 ini maka bisa melakukan update dengan cara mengakses menu Setting > About Phone > System Updates > Check Now. Jika sudah ada notifikasi bahwa update sudah ada, maka Gadgeteers tinggal download update sebesar 41MB tersebut dan menikmatinya. Namun Nokia mengatakan bahwa ketersediaan update Nokia X ini tidak serentak dilakukan, oleh sebab itu para pengguna Nokia X diminta mengecek ketersediaan update tersebut.

Jika file update belum tersedia, berarti memang belum ada untuk area di mana Gadgeteers berada. Cobalah selang beberapa hari untuk mengecek ketersediaan update bagi ponsel yang sudah memiliki kemampuan dual sim dan memori internal 4GB. Bagi Gadgeteers yang belum punya ponsel Nokia X dan ingin segera memilikinya, maka Gadgeteers bisa membeli handsetnya dengan harga yang lumayan terjangkau bagi kantong masyarakat Indonesia, Rp1.599.000.

featured image via sukatekno.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two + 7 =