Beranda Berita

Penjualan Smartphone Lesu, Gaji CEO Samsung Ikut Melorot

4
0

Saat mendatangi gerai penjualan smartphone kita kerap dihadapkan pada banyak pilihan yang tak jarang membuat pusing kepala. Tapi jika kita amati nama Samsung selalu muncul di urutan pertama daftar rekomendasi perangkat, atau jika tidak ia menjadi brand pertama yang ditanyakan oleh calon pembeli.

Kultur bisnis Samsung pun lambat laun mulai kental dengan dunia smartphone, tak berbeda kala Nokia masih merajai segmen ponsel beberapa tahun lalu.

Namun begitu tak ada yang berani menjamin Samsung akan terus sukses. Nyatanya walau mendapat tempat istimewa di hati khalayak hampir di seluruh dunia, penjualan Samsung di tahun 2014 dikabarkan anjlok signifikan sampai-sampai gaji sang CEO divisi mobile-nya J.K. Shin pun ikut-ikutan melorot tajam.

Dikutip dari AndroidHeadlines, Selasa (18/11/2014) Shin hanya memperoleh gaji sebesar 689 juta Won di kuartal ketiga tahun 2014 ini. Atau jauh lebih rendah jika dibandingkan kuartal sebelumnya yang mencapai 1,7 miliar Won. Artinya gaji Shin turun lebih dari 1 miliar Won dari kuartal kedua 2014.

Bagi Shin penurunan ini mungkin tidak mengurangi kekayannya, dengan berbagai jabatan kelas atas yang pernah didudukinya tentu Shin mempunyai simpanan dan investasi yang jumlahnya sangat besar. Namun besarnya penurunan gaji Shin oleh media dijadikan tolak ukur atas kegagalan penjualan perangkat Samsung di kuartal ini.

Laporan keuangan terakhir Samsung diketahui vendor asal Korea Selatan tersebut mengantongi laba 60% lebih rendah ketimbang dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun 2013. Berkontribusi pada penurunan margin laba yang terpangkas hingga 7% dari sebelumnya di angka 20% pada kuartal pertama di tahun 2014 ini.

Samsung boleh jadi punya infrastruktur dan posisi brand yang baik di pasar perangkat tapi ekspansi merek-merek baru termasuk merek lokal menjadi batu sandungan yang berpotensi menjegal kelangsungan bisnis mereka. Jangan lupakan sejarah matinya Nokia. Jika tak pandai beradaptasi, bukan tak mungkin sejarah berulang, nama Samsung tinggal kenangan yang hanya bisa diceritakan sebagai dongeng ke generasi-generasi masa depan.

Topik Hot Lainnya:   Android Oreo Resmi Dirilis Untuk Xiaomi Mi A1

via Androidheadlines.com
featured image via PhoneArena.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × one =