Beranda Berita

Inilah Perangkat Apple yang Dapatkan Update OS X Yosemite dan iOS 8

9
0

Tengah malam Selasa, 3 Juni 2014 WIB Apple perkenalkan sistem operasi desktop baru OS X Yosemite, sistem operasi mobile baru iOS 8 dan bahasa pemrograman baru Swift pada ajang tahunan World Wide Developer Conference (WWDC) 2014 di San Francisco, Amerika Serikat. Tentu mengecewakan bagi mereka yang mengharapkan Apple akan umumkan iPhone, iPad, Mac atau perangkat baru di acara yang ditujukan khusus bagi pengembang aplikasi OS X dan iOS.

Dalam 1 dekade terakhir, Apple merilis sistem operasi desktop baru setiap 1-2 tahun. Setelah tahun 2013 lalu mengumumkan OS X 10.9 Mavericks, tahun 2014 ini mereka perkenalkan OS X 10.10 Yosemite sebagai penerusnya. Selain antarmuka baru, OS X Yosemite juga menawarkan integrasi Mac dengan iOS lebih jauh seperti kemampuan mengirim atau menerima panggilan telepon dan SMS serta kemampuan menyalakan hotspot di iPhone hanya beberapa klik dari Mac.

OS-X-Yosemite-Call-GG
Apple menyediakan OS X 10.10 Yosemite versi beta secara terbatas kepada 1 juta pendaftar pertama. Adapun versi final OS X 10.10 Yosemite akan tersedia pada musim gugur (Akhir September) di Amerika Serikat tahun 2014 ini. Kebutuhan sistem OS X 10.10 Yosemite identik dengan kebutuhan sistem pendahulunya, OS X 10.9 Mavericks dan OS X 10.8 Mountain Lion. Dengan demikian perangkat Mac yang dapat menjalankan OS X 10.0 Yosemite adalah :

  • MacBook Pro: Pertengahan 2007 atau lebih baru
  • MacBook Air: Akhir 2008 atau lebih baru
  • iMac: Pertengahan 2007 atau lebih baru
  • Mac mini: Awal 2009 atau lebih baru
  • Mac Pro: Awal 2008 atau lebih baru
  • MacBook: Akhir 2008 aluminum, awal 2009 atau lebih baru
  • Xserve: Awal 2009

Jika iOS 7 menitikberatkan perubahan antarmuka maka iOS 8 didominasi dengan penambahan fitur di Photos, keyboard yang lebih cerdas, family sharing, iCloud Drive, spotlight dan aplikasi Health yang mampu mengumpulkan data detak jantung, kalori yang terbakar, gula darah & kolesterol. Di iOS 8 ini juga Apple membuka akses TouchID kepada para pengembang sehingga ke depan akan banyak bermunculan aplikasi yang memanfaatkan sensor sidik jari tersebut.

Topik Hot Lainnya:   Harga dan Ketentuan Beli iPhone 7 di iBox

iOS8-iPhone5s-GG
Tidak berbeda dengan OS X 10.10 Yosemite, Apple baru akan merilis versi final iOS 8 pada musim gugur (Akhir September) 2014. Jika tidak ada tradisi yang berubah maka Apple akan meluncurkan iPhone 6 yang telah terinstall iOS 8 versi final. Kecuali iPhone 4, semua perangkat mobile Apple yang dapat terinstall iOS 7 dapat juga menginstall iOS 8. Dengan demikian perangkat mobile Apple yang dapat menjalankan iOS 8 adalah :

  • iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s
  • iPod touch 5th generation
  • iPad 2, iPad with Retina display, iPad Air,
  • iPad mini, iPad mini with Retina display

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen + thirteen =