Beranda Berita

Perbandingan Kecepatan Internet Sejumlah Negara, Indonesia Nomor Berapa?

55
0

OpenSignal, sebuah badan independen yang berkecimpung di dunia Mobile Network, menerbitkan sebuah laporan terbaru yang membahas kecepatan jaringan 3G/4G dan wilayah jangkauannya. Data tersebut merupakan hasil analisa dari 822.556 pengguna software OpenSignal yang tersebar di seluruh dunia. Uniknya, data ini juga memberikan gambaran akan waktu yang dihabiskan para pengguna ketika sedang menikmati jaringan WiFi.

Soal kecepatan jaringan internet, Korea Selatan (41.34 Mbps) masih menduduki peringkat teratas dengan kecepatan yang cukup terpaut jauh ketimbang peringkat kedua, Singapura (31.19 Mbps). Mayoritas posisi 10 besar diisi oleh negara-negara Eropa yang seperti Hungaria (26.15 Mbps), Denmark (23.35 Mbps), Norwegia (23.06 Mbps), Belanda (22.68 Mbps), dan Lithuania (21.47Mbps). Untuk Indonesia sendiri, kecepatannya masih kalah jauh dari negara 10 besar, hanya 5.73 Mbps dan masuk ke kategori menengah ke bawah. Kecepatan paling lambat dicatat oleh Afghanistan dengan 2.17 Mbps.

OpenSignal

Untungnya, walaupun Indonesia dikenal sebagai wilayah kepulauan yang luas dan membuat infrastruktur internet sulit masuk, ternyata 82.23% wilayah Indonesia sudah terjangkau oleh jaringan 3G atau jaringan yang lebih kencang. Untuk urusan jangkauan ini, Korea Selatan masih menduduki posisi pertama dengan cakupan 98.54% diikuti oleh Jepang dengan 95.52%.

OpenSignal

Meskipun dimanjakan dengan kecepatan koneksi yang kencang dan wilayah jangkauan yang luas, ternyata Korea Selatan tidak menjadi negara yang menghabiskan waktu di internet paling banyak menggunakan jaringan WiFi, negeri Ginseng ini terlempar dari 10 besar dengan presentase 56.98%. Posisi pertama diduduki oleh Belanda dengan 70.05% diikuti oleh Tiongkok dengan 63.16%. Pengguna di Indonesia sendiri hanya menikmati internet sebanyak 27.83% di jaringan Wi-Fi dan sisanya dihabiskan menggunakan paket data selular.

OpenSignal

via Opensignal.com

WN

Topik Hot Lainnya:   BlackBerry Stop Bikin Ponsel Sendiri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + 17 =