Beranda Analisa

Adu Hebat Antara Browser Microsoft Edge vs Google Chrome

23
0

Microsoft Edge adalah browser yang menjadi salah satu fitur terbaru dari Microsoft Windows 10 yang dirilis pada akhir Juli lalu. Pada dasarnya, browser ini adalah pengganti dari Internet Explorer yang tentunya memiliki beragam keunggulan bila dibanding dengan pendahulunya sehingga lebih memudahkan akses pada setiap pengguna browser terbaru Microsoft ini.

Salah satu contohnya dengan browser ini maka pengguna mampu memberi highlight pada poin tertentu yang ada pada sebuah website.

Meskipun demikian, seperti yang kita tahu masih banyak browser lainnya yang juga menawarkan keunggulan yang berbeda, salah satunya adalah Google Chrome yang merupakan browser besutan Google yang popularitasnya tak perlu diragukan lagi.

Lalu, dengan segala keunggulan yang ditawarkan oleh Microsoft Edge, apakah hal tersebut dapat menandingi pamor dari Google Chrome yang merupakan salah satu browser paling populer saat ini? Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman Mashable, berikut ini ada hasil perbandingan antara browser Microsoft Edge vs Google Chrome dengan menggunakan media laptop HP Spectre x360 yang dipersenjatai prosesor Intel Core i5 berkapasitas RAM 8GB:

Futuremark Peacekeeper

perbandingan microsoft edge vs google chrome_1

Perlu Gadgeteers ketahui, peacekeeper adalah sebuah JavaScript benchmark yang fungsinya untuk menjalankan beragam tes, seperti HTML5, parsing teks dan lain sebagainya.

Berdasarkan data yang dapat dilihat dalam tabel dibawah ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa skor peacekeeper Google Chrome lebih tinggi daripada Microsoft Edge, itu artinya bila skor peacekeeper lebih tinggi maka performanya pun akan lebih tinggi, dengan kata lain untuk pengujian yang satu ini, Google Chrome lebih unggul daripada Microsoft Edge.

SunSpider JavaScript

perbandingan microsoft edge vs google chrome_4

Agak berbeda dengan Peacekeeper, meskipun sama-sama berupa JavaScript benchmark namun kali ini pengujiannya hanya dari sisi JavaScriptnya saja, oleh sebab itu biasanya SunSpider JavaScript lebih sering digunakan untuk membandingkan browser saja.

Topik Hot Lainnya:   5 Efek Negatif Gadget Pada Tubuh Manusia

Dari hasil perbandingan antara kedua jenis browser tersebut, maka seperti yang terlihat pada tabel di bawah, skor yang dihasilkan Microsoft Edge lebih rendah bila dibanding dengan Google Chrome, nah, berbeda dengan peacekeeper maka untuk SunSpider JavaScript, bila browser tersebut dalam hal ini Microsoft Edge lebih rendah daripada Google Chrome maka berarti performa browser tersebut semakin baik.

V8 Benchmark Suite – Versi 7

perbandingan microsoft edge vs google chrome_4

Uji performa yang satu ini memang merupakan produk buatan Google, sehingga sudah dapat dipastikan bahwa Google Chrome yang akan mendapat skor yang lebih unggul, namun untuk Microsoft Edge sendiri skor yang didapatkannya juga tak terlalu buruk.

Pengujian Langsung

perbandingan microsoft edge vs google chrome_4

Pengujian yang satu ini berfungsi untuk membandingkan durasi antara Microsoft Edge dan Google Chrome saat dipakai untuk membuka sebuah website, dan hasilnya kedua browser tersebut tak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan.

Dari empat jenis tes pengujian yang telah dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa performa Google Chrome masih mampu mengungguli Microsoft Edge.

Namun di lain sisi, browser Microsoft Edge juga sudah tergolong mampu untuk membuktikan diri layak digunakan sebagai pengganti Internet Explorer dan memang termasuk sebagai browser yang layak untuk dicoba, sehingga bila Gadgeteers sudah meng-install Windows10 maka tak ada salahnya untuk sesekali mencoba berselancar di dunia maya menggunakan browser Microsoft Edge.

via Mashable.com
featured image via Pcadvisor.co.uk
diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − 3 =