Beranda Tips

Perbedaan Antara Port HDMI, DisplayPort, VGA, DVI, MHL, dan Thunderbolt

888
0

Jika Gadgeteers ingin menghubungkan laptop ke TV atau monitor, biasanya port yang langsung muncul di pikiran adalah port HDMI. Port yang memiliki kepanjangan High-Definiton Multimedia Interface ini memang menjadi port yang paling lumrah ditemukan di dalam antarmuka TV dan monitor.

Namun, sebenarnya masih ada beberapa pilihan port lain seperti DisplayPort, DVI, Thunderbolt, MHL, dan VGA yang pada dasarnya sama-sama berfungsi untuk menampilkan gambar ke layar. Namun, selain perbedaan nama dan bentuk lubang port, tentu saja keenam port tersebut tetap memiliki perbedaan lainnya.

1. VGA

geek.com
geek.com

Gadgeteers pasti tidak asing dengan port yang satu ini, karena ini adalah standar tampilan komputer tertua yang sudah diperkenalkan sejak tahun 1987. Namun, port analog yang memiliki kepanjangan Video Graphics Array ini sudah jarang digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru seperti HDMI karena kemampuannya yang serba terbatas.

2. DVI

b&h

Digital Visual Interface bisa disebut sebagai versi lanjutan dari VGA, namun sudah menggunakan teknologi digital. Konektor yang diciptakan pada tahun 1999 ini dapat menghantarkan video secara digital dengan resolusi WUXGA (1920×1200) @60 Hz melalui single link dan WQXGA (2560×1600) @60 Hz melalui dual link. Selain itu DVI juga mendukung output video analog yang kompatibel menggunakan adaptor.

3. DisplayPort

startech.com
startech.com

Jika VGA dan DVI adalah tipe port yang sudah tidak lagi mendapat dukungan dari para pengembang, DisplayPort masih terus dikembangkan. Versi terbarunya adalah DisplayPort 1.4 yang mendukung keluaran video HDR dan resolusi hingga 8K.

Salah satu kartu grafis tercanggih, Nvidia GeForce GTX 1080 adalah kartu grafis pertama di dunia yang mendukung fitur DisplayPort 1.4. DisplayPort juga sudah mendukung data audio sehingga port ini tidak hanya mampu menampilkan gambar, namun juga suara.

Topik Hot Lainnya:   Samsung Stop Penjualan Galaxy Note 7 di Seluruh Dunia Kecuali Tiongkok. Kenapa?

4. HDMI

Exhibit edge
Exhibit edge

Mirip dengan DisplayPort, HDMI mampu menghantarkan data berupa gambar dan suara melalui sebuah kabel. Bedanya, HDMI masih lebih sering digunakan di berbagai perangkat elektronik seperti TV, DVD Player, monitor, dan lainnya.

5. Thunderbolt

macworld
macworld

Pada awal mulanya, Thunderbolt dikembangkan oleh Intel dan muncul ke pasaran untuk pertama kalinya melalui MacBook Pro. Thunderbolt didasari oleh arsitektur PCI Express serta DisplayPort untuk menggabungkan data, video, dan audio dalam satu koneksi, sehingga port ini juga bisa digunakan untuk mentransfer data layaknya sebuah port USB dengan kecepatan hingga 10 Gbps, 2 kali lebih cepat dari USB 3.0.

6. MHL

flatpanelshd
flatpanelshd

Mobile High-Definiton Link adalah sebuah antarmuka yang dibuat untuk perangkat portable termasuk ponsel. MHL dapat dianggap sebagai versi spinoff dari HDMI. MHL 3 mampu mendukung sinyal video 4K 30fps dengan HDCP 2.2 dan surround audio 7.1. Pada perangkat selular, MHL menggunakan port micro-USB 2.0 untuk menghubungkannya ke perangkat display menggunakan MHL ke HDMI adapter.

via Jalantikus.com
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − three =