Beranda Tips

Ini Beberapa Perbedaan Antara Windows 32-bit dan 64-bit

19
0

Gadgeteers pasti tidak asing lagi dengan sistem operasi berbasis Windows milik Microsoft. Bila Gadgeteers sadari, terdapat dua basis sistem yang berbeda pada OS tersebut. Yakni 32-bit dan 64-bit. Tentunya, bila Gadgeteers mengetahui kegunaannya, dapat menjadi nilai plus untuk mengoptimalkan performa maksimal perangkat yang digunakan.

Kendati demikian, masih banyak orang yang belum mengetahuinya perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit tersebut. Berikut ulasan lengkap @GadgetGaul yang akan membedak apa sih perbedaan dari Windows 32-bit dan 64-bit.

1. Kapasitas RAM Yang Dapat Terbaca

Tentunya, perbedaan antara Windows 32-bit dan 64-bit terletak pada RAM yang dapat digunakan. Diketahui, untuk 32-bit, RAM yang dapat digunakan hanyalah sekitar 4096MB atau sekitar 4GB saja. Sementara untuk 64-bit lebih dari 4GB. Sebuah teori mengatakan bahwa 64-bit malah dapat membaca sampai jutaan GB RAM.

Bila nantinya, Gadgeteers menggunakan RAM berkekuatan 4GB atau lebih. Biasanya Windows akan membacanya sekitar 3GB saja. Terkesan mubazir bukan? Oleh karena itu dapat disimpulkan, bahwa sistem berbasis 32-bit ini dapat digunakan secara optimal oleh mereka yang menggunakan perangkat dengan RAM di bawah 3,5GB saja.

2. Efisiensi Dalam Performa

features-core-32-64-bit-support-228dff9dbc2287530141d7ccfa2df255cloudfront.net

Perbedaan Windows 32-bit dan 64-bit tidak hanya terletak pada kapasitas RAM yang dapat terdeteksinya saja. Dari segi performa pun terdapat perbedaan. Bila diperhatikan, Windows 32-bit menggunakan prosesor 32-bit yang tidaklah lebih baru dengan prosesor 64-bit. Kemampuannya pun jelas berbeda dengan kombinasi Windows 64-bit yang sudah menggunakan prosesor 64-bit.

Biasanya Windows berbasis 32-bit cocok digunakan untuk melakukan pekerjaan ringan. Bila Gadgeteers adalah seorang yang suka editing video maupun foto. Sebaiknya gunakan saja Windows berbasis 64-bit. Karena kombinasi Windows 64-bit lebih cocok untuk pekerjaan berat seperti itu.

Topik Hot Lainnya:   Cara Mengatasi Pesan Eror “Pemasangan Aplikasi Dicekal” di Android

3. Jumlah Virtual Memori yang Dapat Diproses

64bit-32bitthewindowsclub.com

Perbedaan performa pada kedua basis sistem operasi Windows tersebut dipengaruhi oleh arsitekturnya. Hal tersebut membuat proses bukaan data virtual memory nya menjadi berbeda. Bila dibandingkan, dalam basis 32-bit, perangkat Gadgeteers hanya dapat membuka aplikasi sampai 2GB saja.

Hal tersebut tentu tidaklah besar, pasalnya sekarang sudah banyak aplikasi layaknya modern game, aplikasi editing dan lain sebagainya yang memakan banyak virtual memory.

Sementara untuk basis 64-bit. Menurut teori, proses bukaan data virtual memory mendukung sampai 8TB. Angka tersebut sangatlah besar, bahkan untuk skala penggunakan aplikasi editing photo tergila sekalipun.

4. Segi Software

Tiga poin di atas bisa dikatakan merupakan hal dalam. Namun untuk yang satu ini mungkin Gadgeteers dapat menyadarinya sendiri. Bahwa tidak semua software dapat digunakan oleh Windows berbasis 32-bit. Seperti halnya video editing dengan menggunakan After Effect.

Bila perangkat yang digunakan adalah Windows berbasis 32-bit. Maka jangan harap proses editing dapat berjalan dengan lancar atau malah mungkin tidak dapat digunakan sama sekali.

via HowtoGeek.com
featured image via rockzofts.in
WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eight + eight =