Beranda Berita

Peretas Sebarkan 4 Film Baru & Data Gaji Petinggi Sony Pictures

27
0

Minggu lalu Sony Pictures Entertainment dipastikan bobol oleh aksi para peretas, tak tanggung-tanggung akibat dari kebocoran tersebut mengakibatkan seluruh karyawan mereka harus bekerja kembali menggunakan pena dan kertas seperti jaman dahulu. Tak hanya itu, menurut Thenextweb, Sony Pictures juga harus menerima bahwa kelima film garapannya juga diambil dan buruknya sudah disebarkan ke internet.

Sekelompok peretas yang menamai dirinya #GOP atau Guardian of Peace mengaku telah menyusupi seluruh komputer di kantor Sony. Menurut Deadline Hollywood, insiden tersebut pertama kali diketahui ketika seorang staff yang mencoba login komputer, disambut dengan tampilan layar, “Hacked by #GOP”.

Total ada 5 film yang beredar di dunia maya. Kelima film tersebut adalah Fury, Annie, Mr Turner, Still Alice, dan To Write Love on Her Arms. 4 dari film tersebut belum diedarkan dan dijadwalkan tayang dalam waktu dekat. Sementara 1 film berjudul Fury, sudah tayang di bioskop-bioskop seluruh dunia.

Untungnya kelima film yang disebarkan oleh para peretas tersebut barulah versi screener, yakni versi khusus yang berikan kepada kritikus film sebelum dikomersilkan. Namun begitu peminat dari dunia maya tak lantas berkurang, misalnya film Fury hingga 30 November sudah diunduh sebanyak 1,2 juta kali.

www.businessinsider.com
www.businessinsider.com

Tak hanya film-film garapan Sony Pictures, para peretas juga tampaknya berhasil mengambil dokumen yang berisikan detail gaji para pegawainya termasuk gaji petinggi Sony. Dugaan tersebut ditemukan oleh Kevin Roose dari Fusion.net yang memperoleh tautan di Pastebin yang di dalamnya terlampir dokumen gaji 6.000 karyawan Sony Pictures dan 17 petinggi eksekutifnya.

Kabar buruknya, bukan hanya informasi gaji. Dokumen tersebut juga menampilkan nomor jaringan sosial seluruh pekerja. Data inilah yang sepertinya harus dikhawatirkan oleh para pemilik.

Topik Hot Lainnya:   Kolaborasi Lenovo dan Razer Lahirkan PC Gaming Y Series

Sementara itu juru bicara Sony mengatakan kepada media bahwa perusahaan saat ini sudah mengambil langkah-langkah investigasi bersama penegak hukum dan juga unit forensik keamanan siber Mandiant milik FireEyes.

via Thenextweb.com & BusinessInsider.com
featured image via Sonypictures.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + nineteen =