Beranda Aplikasi

Picasa Ditutup, Saatnya Move On ke Google Photos

2
0

Bagi Gadgeteers yang menggunakan aplikasi Picasa, sepertinya hal ini akan menjadi salah satu berita yang kurang enak didengar. Pasalnya salah satu perusahaan terbesar di dunia yang memilikinya yaitu Google akan menutupnya. Picasa sendiri merupakan aplikasi yang pertama kali dirilis pada tahun 2002, umurnya memang sudah terhitung cukup lama juga dan sekarang perusahaan Google tersebut harus menutupnya.

google-photos_3353967btelegraph.co.uk

Tetapi dengan berakhirnya Picasa bukan berarti Google meninggalkan layanan penyimpan foto di dalam cloud. Jauh hari sebelum mereka memutuskan untuk menutup Picasa, Google sudah mempunyai aplikasi penggantinya yaitu Google Photos.

Beruntung dengan hadirnya Google Photos ini, semua data baik itu foto maupun video yang pernah Gadgeteers simpan di cloud Picasa akan secara otomatis dipindahkan ke Google Photos. Suatu langkah yang bagus dari Google untuk menghindari banyaknya pertentangan akan penutupan Picasa ini.

Penutupan ini akan mulai dijalankan secara efektir tanggal 15 Maret mendatang untuk versi desktop-nya dan 1 Mei-nya untuk versi mobile. Untuk versi desktop-nya, aplikasi tersebut terhitung tanggal 15 Maret tidak akan mendukung lagi ke desktop. Tetapi bila ternyata Gadgeteers sudah mengunduh dan atau menginstall-nya sebelum tanggal yang ditentukan, aplikasi Picasa masih tetap bisa digunakan. Eits tetapi dengan catatan nantinya Gadgeteers tidak dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia dan aplikasi tersebut tidak akan mengalami pembaharuan.

Apa yang sudah diputuskan oleh Google berlatar belakang bahwa mereka ingin para konsumen dan developer mulai terfokus untuk mengembangkan layanan Google Photos tersebut, karena menurutnya aplikasi tersebut baru miliknya itu memiliki apa yang tidak dipunyai oleh Picasa.

via GooglePhotos.blogspot.co.id

featured image via petapixel.com

diedit oleh WN

Topik Hot Lainnya:   Cara Mengembalikan File Foto yang Terhapus di Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 3 =