Beranda Aplikasi

Pinjam Uang Tanpa Agunan dengan WeChat

4
0

Tencent Holdings Ltd. yang dikenal sebagai pemilik dari aplikasi chatting WeChat, berencana untuk menambahkan fitur baru ke aplikasi ini untuk merambah dunia finansial online. Fitur ini bernama Weilidai yang secara harfiah memiliki arti “sedikit pinjaman”.

Walaupun memiliki nama seperti itu, Gadgeteers tidak akan bisa menganggapnya “sedikit”, karena Weilidai bisa meminjamkan para penggunanya hingga 200.000 Yuan atau setara dengan Rp450 juta tanpa jaminan!

Karena hal ini bukan urusan kecil, Weilidai akan dioperasikan oleh WeBank, sebuah bank internet yang diluncurkan pada bulan Januari kemarin atas kerjasama Tencent dan badan finansial Tiongkok. Pengguna bisa dengan mudah mengaplikasikan pinjaman mereka dalam beberapa menit. Mereka cukup memberikan informasi soal akun bank yang sedang mereka pakai dan beberapa data personal. Setelah memproses data itu, Weilidai akan memutuskan apakah pengguna itu layak diberikan pinjaman berdasarkan data dari People’s Bank of China (bank sentral Tiongkok).

Dengan jumlah pengguna yang mencapai 600 juta orang, WeChat dapat dengan cepat menyebarkan informasi mengenai layanan baru ini dan berpotensi menjadi penyedia jasa pinjaman terbesar untuk membantu para pengusaha kecil, yang selama ini luput dari layanan bank tradisional di Tiongkok.Sistem pinjaman seperti ini juga menjadi jawaban Tencent atas langkah dari Alibaba Group, yang sebelumnya sudah lebih dulu menerapkan sistem penyimpanan uang secara online.

Walaupun terdengar menggiurkan, masih ada kelemahan kalau pengguna WeChat memutuskan untuk meminjam uang di Weilidai. Pengguna yang meminjam uang di fitur ini belum bisa mentransfer uang dari WeBank ke bank lain karena masih belum ada regulasi yang kuat dari pemerintah soal bank intenet. Durasi peminjamannya pun tidak bisa terlalu lama seperti bank tradisional. Uang yang dipinjam sudah harus dikembalikan dalam jangka maksimal 20 bulan. Jadi, walaupun mampu menyediakan dana dalam jumlah banyak, dana ini hanya bisa digunakan untuk kegiatan tertentu.

Topik Hot Lainnya:   Film Pendek Online Opera "Arah Kisah Kita" Tembus 1 Juta Views

via wsj.com
diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

16 − fifteen =