Beranda Review

[REVIEW] Pixlr Photo Editor, Edit Foto Layaknya Pro di Smartphone

64
0

Bila Gadgeteers adalah salah satu orang yang gemar sekali foto, pasti tidak asing lagi dengan aplikasi-aplikasi edit foto dalam ponsel. Dari sekian banyak aplikasi edit foto tersebut, mungkin Gadgeteers banyak menemukan perbedaan-perbedaan yang signifikan.

Seperti bagaimana cara aplikasi tersebut memperlakukan foto Gadgeteers, dan lain sebagainya. Bila Gadgeteers merupakan salah satu orang yang sering menggunakan banyak aplikasi untuk edit foto, tidak salahnya untuk mencoba aplikasi edit foto yang satu ini, yakni Pixlr Photo Editor!

Aplikasi Pixlr sendiri merupakan aplikasi edit foto yang berasal dari San Rafael, California dan dikembangkan oleh perusahaan yang dikenal dengan nama Autodesk inc. Yang menarik dari Pixlr adalah tampilannya yang elegan dan simple.

Selain itu di bagian awal Gadgeteers disajikan 3 menu pilihan. Yang pertama adalah untuk mengambil gambar sekaligus dari aplikasi tersebut, yang kedua adalah meng-edit foto secara satu per satu, dan yang ketiga adalah mengkolase foto lalu mengedit foto yang telah dikolase-kan tersebut.

screenshot_2016-11-06-15-41-57

Pada dasarnya, ketiga menu tersebut sama saja. Hanya saja pengambilan file dan pemilihan file nya saja yang berbeda. Contohnya adalah ketika Gadgeteers memutuskan untuk mengedit satu foto saja.

Maka pilih menu yang kedua. Dari sana Gadgeteers akan dihantarkan ke pemilihan gambar, bila sudah menemukan gambar yang diinginkan, tinggal lanjutkan saja.

pixlr_20161106155650959

Dalam aplikasi Pixlr ini ada beberapa efek dan aspek yang dapat Gadgeteers edit. Seperti crop, adjustment, contrast, rotate, dan lain sebagainya. Semua pilihan edit foto tersebut tersedia dalam aplikasi ini. Menariknya, efek yang ditawarkan dalam aplikasi Pixlr ini pun cukup banyak. Sehingga bisa dikatakan Gadgeteers dapat kebingungan sendiri ketika memilih efek, karena terkesan semuanya cocok untuk diterapkan.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Tes IQ Indonesia, Permainan Sederhana Penguji Kecerdasan

pixlr

Pixlr juga menyediakan menu untuk melakukan kolase foto. Gadgeteers tinggal pilih saja menu paling kanan, dan dari sana kita akan dibawa ke menu pemilihan foto. Setelah ditentukan foto mana saja yang akan dikolasekan, Gadgeteers dapat memilih grid yang tersedia.

Selain itu Gadgeteers pun dapat mengedit sendiri jarak masing-masing foto, apakah sudutnya ingin lancip atau tidak. Semuanya dapat Gadgeteers putuskan sendiri. Setelah semua itu selesai, Gadgeteers akan langsung dibawa ke menu editing yang cara kerjanya sama seperti sebelumnya.

pixlr_20161106155714268

Bila proses editing telah selesai, Gadgeteers tinggal menentukan apakah ingin disimpan ke dalam penyimpanan terlebih dahulu, atau langsung saja di-share melalui Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Bila memilih menyimpan ke dalam penyimpanan, nantinya akan muncul menu tambahan yang memungkinkan Gadgeteers menyimpan foto dalam beberapa resolusi yang berbeda.

So far, aplikasi Pixlr sendiri tidak terlalu sulit untuk digunakan. Terutama bagi mereka yang hobi editing foto kelas pemula. Namun satu hal yang kurang adalah pengguna tidak dapat melakukan undo maupun redo ketika suatu effect atau perubahan sudah diterapkan. Hal itu tentu saja menjadi PR tersendiri, bila kita salah sedikit saja dalam mengedit, kita harus mengulang seluruh prosesnya dari awal.

Pixlr Photo Editor ini mendapatkan nilai yang cukup baik yakni 87 dari skala 100. Aplikasi editing ini sendiri sudah tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Untuk perangkat Android, dapat diunduh di sini. Sementara iOS, di sini.

WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − 5 =