Beranda Berita

Portugal Akan Hadirkan Hotspot Gratis di Bus & Taksi

8
0

Sekarang ini koneksi internet sudah seperti menjadi kebutuhan sehari-hari dan hotspot gratis merupakan tempat yang paling diserbu oleh para pengguna internet.

Bus free hotspottheatlantic.com

Dalam program smart city oleh pemeritah kota Porto di Portugal ini, mereka membuat lebih dari 600 bus dan taksi yang berada disana menjadi sebuah tempat hotspot gratis. Yang artinya, mobil dan bus-bus tersebut dipasangi router sehingga Gadgeteers dapat ber-WiFi gratis di dalam kendaraan umun tersebut. Kendati hal ini, nantinya lebih dari 600 bus dan taksi ini akan memakan trafik 50% hingga 80% dari pengguna yang menggunakan jaringan internet.

Contoh Taksiventurebeat.com

Nah, Jaringan WiFi mobile masif buatan startup bernama Veniam itu rencananya bakalan diluncurkan di kota Porto pada musim gugur ini. Selain berfungsi sebagai hotspot, router itu juga berfungsi untuk mengumpulkan data kendaraan dan juga seluruh tempat sampah yang berada di kota lalu mengirimkan data tersebut ke pusat kota untuk membantu pemerintah dalam melancarkan perencanaan sipil.

Tidak hanya itu saja, ada  yang menarik dari router ini. Router ini bakalan mendeteksi apabila ada guncangan di jalan akibat jalan berlubang, sehingga pemerintah pusat dapat mendata jalan mana saja yang harus diperbaiki.

Dalam memenuhi hal tersebut, startup Veniam yang merancang jaringan ini telah berhasil mengumpulkan dana investasi US$4,2 juta (Sekitar Rp52 milliar) dan tengah mendirikan kantor pusat di Mountain View, California, AS.

Menarik sekali bukan? Bayangkan bila kota-kota besar di Indonesia mengikuti kota Porto, mungkin tidak hanya tata kota saja, namun masyarakat pun bakalan berbondong-bondong menaiki angkutan umum agar mereka bisa mendapatkan hotspot gratis.

via InetDetik
featured image via amazonaws.com

Topik Hot Lainnya:   Ternyata Ini 5 Brand Smartphone yang Sering "Opname" di Tukang Servis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 − ten =