Beranda Berita

Presiden Jokowi Populer Kelima di Facebook Versi Burson-Marsteller

2
0

Keberadaan sosial media seperti Facebook membuat kita dapat lebih mudah untuk berinteraksi dengan orang-orang baru walaupun tidak berada dalam lokasi yang sama. Kemudahan ini ternyata juga dimanfaatkan oleh pemerintah untuk dapat berhubungan lebih baik dengan warganya. Burson-Marsteller, sebuah firma kehumasan dan komunikasi global yang sudah cukup terkemuka, merilis studi terbaru mereka selama tahun 2015 mengenai tren ini.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama menjadi pemimpin dunia yang paling populer di Facebook dengan 46 juta likes pada halaman kampanye-nya. Pemimpin paling populer nomor dua di dunia adalah perdana menteri India, Narendra Modi, dengan jumlah 31 juta likes. Sebuah hal yang tidak terlalu mengherankan mengingat jumlah penduduk India yang sudah melebih angka satu miliar jiwa. Dan tidak terlalu mengherankan juga jika halaman Facebook Presiden Joko Widodo menduduki peringkat lima dengan jumlah likes mencapai 6 juta lebih, jika mengingat jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa lebih.

20001

Burson-Marsteller menemukan bahwa sudah ada 169 dari 193 negara-negara anggota PBB yang memiliki akun Facebook resmi. Jika jumlah likes dari akun 169 negara tersebut digabungkan, maka akan muncul angka 230.389.257 untuk jumlah “jempol” yang diberikan. Tentu saja kita tidak akan bisa menemukan akun dari negeri Tiongkok karena mereka melarang Facebook untuk beroperasi di sana. Masih terdapat 23 negara yang tidak mempunyai akun resmi, seperti Swiss yang sempat membuat laman pribadi di tahun 2013, namun dinonaktifkan setelah 4 bulan berikutnya.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa pemerintah semakin mengerti dan menjadi lebih professional dalam menggunakan jejaring sosial. Sangat menyenangkan dapat melihat politisi-politisi yang sukses berperilaku seperti halnya pengguna lainnya di Facebook, yaitu berbagi foto-foto kehidupan pribadi, libutan, dan anak mereka”, ujar CEO Burson-Marsteller Eropa, Timur Tengah, dan Afrika.

Topik Hot Lainnya:   1 Juta Data Pengguna Indonesia Bocor, Facebook Akan Lakukan ini

diedit oleh WN