Beranda Berita

Inilah Profil Rudiantara, Menkominfo Kabinet Kerja Jokowi-JK

7
0

Setelah ditunggu-tunggu sekian lama, sore ini atau 6 hari setelah dilantik, Presiden Jokowi akhirnya mengumumkan 34 orang nama menterinya di depan Istana Merdeka, Jakarta. Ada beberapa kementerian yang digabung dan dipisah oleh Presiden Jokowi namun keberadaan Kementerian Komunikasi dan Informatika tetap sama seperti sebelumnya. Presiden Jokowi memilih Rudiantara untuk memimpin kementerian tersebut.

Dalam beberapa minggu terakhir nama Rudiantara sempat santer digadang-gadang bersaing kuat sebagai calon menkominfo dengan beberapa nama besar lainnya di industri telekomunikasi dan informatika seperti Onno W. Purbo (pakar internet), Gatot Dewa Broto (mantan kepala humas Kemkominfo era SBY), Eko Indrajit (ketua institusi pengawas internet Indonesia ID-SIRTII) hingga Niken Widiastuti (Direktur Utama RRI). Siapakah Rudiantara?

Rudiantara bukan sosok baru di industri komunikasi dan informatika Indonesia. Pria yang lahir di Bogor pada 3 Mei 1959 yang mengawali karirnya di industri komunikasi dan informatika pada tahun 1986 saat menempati posisi General Manager Business Development Indosat. Lulusan MBA dari IPPM (1988) ini juga pernah menjabat posisi direktur di XL Axiata dari tahun 2005 hingga 2008 sebelum akhirnya ditunjuk sebagai wakil presiden direktur PLN pada tahun 2008 dan mengundurkan diri tahun 2009.

Pada tahun yang sama Rudiantara juga ditunjuk sebagai komisaris PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk dan kemudian menjadi komisaris independen perusahaan yang sama mulai Januari 2011 hingga Mei 2012. Mulai November 2012 Rudiantara resmi menjabat sebagai komisaris independen PT Indosat Tbk hingga saat ini. Beliau juga sempat menduduki posisi sebagai sekretaris jenderal Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI).

Karir Rudiantara tidak hanya di sektor komunikasi dan informatika saja. Sejak 28 September 2006, beliau menempati posisi strategis di PT Semen Gresik Tbk sebagai wakil presiden direktur dan berhasil merealisasikan 5 pembangunan pembangkit listrik bermesin turbin batubara dengan kapasitas 400 MW. Rudiantara juga pernah mencoba dunia perkeretaapian sebagai presiden direktur PT Bukit Asam Transpacific Railways.

Topik Hot Lainnya:   Jasa Dongkrak Popularitas Aplikasi iOS Cara "Curang" Terungkap

Apa harapan Gadgeteers untuk Rudiantara, Menkominfo baru kita?

featured image via raja.co.id
sumber : businessweek.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × 1 =