Beranda Berita

RAM Mac mini Baru Ternyata Tak Bisa Diupgrade

15
0

Komputer kecil Mac mini baru saja memperoleh update baru dari empunya perangkat, Apple. Komputer mini yang dibandrol dengan harga mulai dari US$499 (sekitar Rp6 juta) ini dapat digunakan untuk pekerjaan dasar komputasi sehari-hari. Harganya yang terjangkau menjadi alternatif bagi para peminat desktop Apple yang berbudget rendah.

Mac mini yang di-upgrade Apple ini akan menggunakan kapasitas memori RAM 8GB, dengan opsi upgrade 16GB namun Anda dikenakan biaya tambahan sebesar US$200 (sekitar Rp2.4 juta). Disebutkan oleh Macminicolo bahwa Apple memutuskan menyolder komponen tersebut secara permanen, alhasil konsumen dipastikan tidak mungkin dapat melakukan upgrade seorang diri. Jadi, pilihan konsumen harus ditentukan sejak pertama kali membeli perangkat, jika butuh performa tinggi opsi RAM 16GB sudah ditawarkan oleh Apple.

www.ubergizmo.com
www.ubergizmo.com

Mahal ya? yap betul, dengan uang ekstra US$200, Gadgeteers hanya memperoleh tambahan kapasitas RAM, tak lebih. Kondisi ini sepertinya berpotensi jadi celah kelemahan Mac mini yang pastinya mempengaruhi keputusan konsumen yang berniat membeli perangkat.

Varian RAM 16GB tersebut juga memiliki komponen yang disolder ke bodi induk Mac mini. Alhasil, karena Apple hanya menawarkan dua varian ini, kapasitas memori RAM-nya mentok di angka 16GB. Dengan tambahan biaya upgrade tersebut, nominal yang tertera di label harga model high-end dari Mac mini membengkak. Jika harga model paling mahal semula US$999 (sekitar Rp12 juta) untuk seri RAM 8GB, kini Gadgeteers harus membayar hingga US$1.199 (sekitar Rp14.4 juta) untuk RAM 8GB.

via Ubergizmo
featured image via Apple.com

Topik Hot Lainnya:   Apple Music Akhirnya Menyapa Pengguna Android

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × two =