Beranda Fotografi

“Rest in Peace” Fotopedia

4
0

Kabar mengejutkan datang dari situs layanan traveling fotografi Fotopedia. Melalui blog resmi mereka mengumumkan penghentian semua layanan baik yang berbasis web maupun mobile efektif mulai 10 Agustus mendatang.

Berita ini pastinya menjadi kabar buruk bagi para penggemar fotografi dan traveling khususnya yang sekian lama setia mem-posting hasil jepretan mereka ke Fotopedia. Namun tampaknya keputusan ini sudah menjadi tekat pengembang kendati merasakan penyesalan mendalam seperti yang mereka ungkapkan dalam blogpost tersebut.

Dengan begitu maka per 10 Agustus 2014, semua foto yang sudah diunggah oleh pengguna akan dihapus secara permanen dari server mereka. Fotopedia memastikan bahwa aplikasi mobile mereka juga akan sepenuhnya dihentikan. Untuk itu pengguna diminta mengunduh foto yang sudah diunggah melalui halaman yang telah disedikan di tautan ini.

Fotopedia merupakan salah satu layanan foto perjalanan wisata yang populer di jagat maya, selama 5 tahun mengudara di internet situs ini berhasil menggaet hati jutaan penggemar traveling dan fotografi dunia. Di situs ini miliaran pengunjung dapat menikmati karya foto hasil jepretan para pelancong dari seluruh dunia dengan gratis. Dalam surat terbukanya, Fotopedia tak lupa mengungkapkan rasa terima kasih kepada kontributor, pengguna dan kurator yang telah menemani perjalanan mereka selama ini.

Sejak pertama kali dirilis pada 2009 lalu, Fotopedia telah mengukir sederet prestasi di antaranya pengembangan aplikasi sebanyak 15 buah dengan dukungan 9 bahasa yang menghasilkan 3 miliar kunjungan di akhir tahun 2012 silam. Selama berkarir, Fotopedia juga berhasil menggalang dana hingga US$12 juta atau sekitar Rp140 milliar namun masalah pendanaan reguler tampaknya membuat manajemen dan pengembang merasa kewalahan.

Sangat disayangkan tapi hidup memang kadang di atas, kadang di bawah. See you Fotopedia, R.I.P.

via TechCrunch.com
featured image via Fotopedia.com

Topik Hot Lainnya:   Kamera Terbaru Olympus E-M10 Mark II Tampil Lebih Menjanjikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × four =