Beranda Advertorial

Review Acer Aspire R11

17
0

Dengan kemajuan teknologi yang semakin tak terbendung, banyak sekali perangkat teknologi seperti smartphone, tablet, dan laptop yang membanjiri pasar. Merek-merek anyar pun bermunculan dan berusaha menawarkan harga yang lebih miring dari kompetitornya. Berapapun budget yang dimiliki Gadgeteers, spesifikasi seperti apapun yang dicari, semuanya tersedia, tetapi dengan kualitas dan layanan purna jual yang masih menjadi pertanyaan.

Acer, sebagai pemain lama dan sudah memiliki nama yang baik sebagai produsen laptop terkemuka di dunia, tidak ingin tertinggal oleh perkembangan zaman dan terus berinovasi pada produk terbarunya untuk bersaing dengan produsen lain, tanpa mengorbankan standar kualitas yang sudah mereka capai hingga sekarang. Salah satu inovasi yang dilakukan Acer bisa kita temukan di dalam laptop terbaru mereka yang bernama Aspire R11.

Tekstur-Aspire-R11-GG
Desain dari laptop ini menggunakan konsep terbaru dari Acer yang menggunakan corak tekstil. Tidak hanya memperindah tampilan luarnya, corak seperti ini juga membuat laptop menjadi tidak mudah slip sehingga mantap saat dipegang. Acer memang sedang gencar dalam memperkenalkan konsep andalannya ini, selain di Aspire R11, kita juga bisa menemukan konsep ini di Aspire E5-473. Aspire R11 memiliki pilihan warna yaitu biru dan putih.

Tidak seperti mayoritas laptop yang ada, Aspire R11 memiliki ukuran layar sebesar 11.6 inci, yang cukup untuk mengerjakan pekerjaan ataupun entertainment. Pada saat @gadgetgaul menjajal laptop ini selama 1 minggu untuk bekerja pun, sama sekali tidak ada masalah dalam pemakaiannya.

Size-Aspire-R11-GG
Ukuran Aspire R11 yang lebih kecil dibandingkan dengan laptop biasa memberikan keunggulan yang secara otomatis akan langsung terasa seperti bobotnya yang lebih ringan dan ketajaman layar yang lebih tinggi. Selain itu, Acer dengan cerdik memanfaatkan ukuran layar ini untuk memberikan fitur yang justru menjadi nilai yang paling kuat di dalam laptop ini, yaitu fitur hinge (engsel) di layar yang bisa berputar hingga 360 derajat. Hinge seperti ini memungkinkan Aspire R11 digunakan sebagai tablet on-the-go, sarana display tanpa harus diganggu keyboard, tent untuk konsumsi media, dan tentu saja laptop.

Topik Hot Lainnya:   ASUS Bawa Laptop Game Terbaik 2015 ke Indonesia

Empat mode yang ditawarkan Aspire R11 ini tentu saja memberikan kita alternatif lebih dalam menggunakan laptop. Acer juga terlihat niat dalam memberikan dukungan software yang cocok di keempat mode ini. Seperti pada saat kita melipat layar Aspire R11 ke belakang untuk digunakan sebagai tablet, maka secara otomatis tombol-tombol di keyboard dan touchpad menjadi tidak berfungsi. Selain itu, wallpaper di desktop juga akan berganti sesuai tema yang kita tentukan untuk mode tertentu.

Mode-Aspire-R11-GG
Layaknya sebuah tablet berkualitas, Acer Aspire R11 memiliki layar dengan lapisan Gorilla Glass 3 yang memberikan proteksi lebih ketika sering disentuh dengan tangan. @gadgetgaul mencoba iseng menguji ketahanan layar Aspire R11 dengan menggoreskan pisau di atasnya, dan hasilnya sama sekali tidak terlihat kalau layar ini pernah digores sebelumnya. Kualitas warna yang dihasilkan terlihat cerah dan enak dipandang.Layar yang sedang menyala di ruang outdoor sudah cukup apabila diatur pada brightness yang tertinggi. .

Berlabel sebagai laptop, Aspire R11 memiliki layout tombol-tombol yang agak berbeda. Tombol power yang biasanya diletakkan bersama keyboard, berada di sisi sebelah kanan bersama dengan tombol volume. Tentu saja penempatan ini dimaksudkan untuk menyerupai layout yang biasa kita temukan pada smartphone atau tablet. Selain itu layout seperti ini juga memiliki manfaat lain dibandingkan dengan layout biasa, yaitu untuk menghilangkan resiko tertekannya tombol power pada saat Aspire R11 digunakan pada mode tablet.

Ports-Aspire-R11-GG
Di sebelah kiri, Aspire R11 tidak melupakan “jati diri”nya sebagai laptop dengan menempatkan 1 slot USB 2.0 dan 1 slot USB 3.0. Tidak ketinggalan juga hal-hal esensial lainnya seperti lubang jack 3.5mm, slot HDMI dan WAN port untuk disertakan di sisi kiri laptop ini. Lubang speaker di laptop ini berada di bagian bawah, sehingga suaranya akan terasa lebih soft pada saat tertutup layar pada mode tablet. Speaker yang sudah mendapat sertifikasi dari Skype ini paling cocok digunakan pada mode display.

Untuk spesifikasi di dalamnya, Aspire R11 memiliki Intel Celeron N3050 1.6GHz dengan jumlah RAM 4GB (yang bisa di-upgrade hingga 8GB) dan kapasitas penyimpanan sebesar 500GB. Ketika kita membeli laptop ini, kita tidak usah memusingkan biaya tambahan untuk membeli dan memasang sistem operasi lagi karena Aspire R11 sudah dilengkap dengan sistem operasi Windows 8.1 asli yang bisa di-upgrade ke Windows 10 yang banyak mendapat review yang bagus soal penampilan dan kestabilannya.

Topik Hot Lainnya:   Saingi iPhone 6 Plus, Xiaomi Luncurkan 2 Phablet Spesifikasi Tinggi

Experience-Aspire-R11-GG
Acer tetap memunculkan teknologi khas Acer lainnya seperti speaker Acer True Harmony yang kualitas suaranya lebih baik dibandingkan dengan speaker biasa. Tidak ketinggalan juga teknologi Acer Bluelight Shield yang bisa mengurangi emisi cahaya biru. Emisi cahaya biru adalah penyebab utama dari mata kering dan mata cepat lelah atau yang biasa disebut Computer Vision Syndrome. Dengan adanya teknologi Acer Bluelight Shield, kita bisa menggunakan laptop ini dengan jangka waktu yang relatif lama tanpa mengalami kelelahan mata.

Dengan banderol Rp4 jutaan, Acer menawarkan sebuah perangkat yang lebih dari sekedar laptop biasa. Aspire R11 adalah pilihan yang wajib Gadgeteers pertimbangkan yang ingin memiliki sebuah laptop yang simpel secara bentuk, namun memiliki berbagai macam potensi dalam penggunaannya. Selain itu, desain elegan pada R11 juga menunjukkan kalau laptop ini bisa mendukung penampilan bagi siapapun yang menggunakannya. @gadgetgaul memberikan nilai 3.5 dari 5 untuk Acer Aspire R11.

Kelebihan
+ Nama besar Acer sebagai produsen laptop terkemuka dan layanan purna jualnya yang sudah banyak tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia.
+ Desain corak tekstil yang tidak hanya indah, tapi juga memberikan kenyamanan dalam genggaman.
+ Mode 4 in 1 yang bisa digunakan dalam berbagai macam aktivitas.

Kelemahan
– Layar yang dinilai cukup ketika digunakan di luar ruangan yang terik.
On screen keyboard diatur secara manual pada aplikasi tertentu.
– Penempatan speaker yang berbeda.

Spesifikasi :
1.6GHz Intel Celeron N3050, 4GB DDR3, 500GB HDD, Intel HD Graphics, HD Webcam, dual-band WiFi ac, Bluetooth 4.0, Skype Certified with 2 built-in stereo speakers, 11.6-inch (1366×768) multitouch display with BlueLight Shield & Gorilla Glass 3, Windows 8.1 original