Beranda Advertorial

Review Acer Liquid X1

20
0

Smartphone Acer pada umumnya menyasar kelas entry dan juga menengah dengan tawaran spesifikasi yang cukup menggoda. Selain bermain di kedua kategori tadi, Acer sebenarnya juga menghadirkan varian lain untuk mengisi kelas di atasnya.

Adalah Liquid X1 yang bisa dikatakan sebagai flagship dari Acer. Berbekal spesifikasi apik, ponsel dengan konektivitas 4G LTE dari Acer ini tentu menarik untuk dilihat lebih jauh. Bagaimana performa dan kesannya dalam pemakaian sehari-hari?

Desain

Liquid-X1-Design-GG
Liquid X1 tampil dengan bentuk yang mengotak yang terasa cukup kaku. Untungnya keempat sudut dibuat membulat, begitu juga tepian di sekitar rangka belakang sehingga kesan kaku sedikit berkurang.

Meski punya layar yang ekstra lebar yaitu 5.7-inci, bezel di sisi kiri dan kanan yang tidak terlalu tebal menyelamatkan X1 sehingga tidak terasa luar biasa besar. Peletakan tombol yang ada di sisi kanan perangkat terbukti sangat memudahkan pengoperasian. Mau penggunanya memakai tangan kiri atau kanan, tombol-tombol tersebut tetap mudah untuk ditekan.

Material plastik tetap jadi pilihan pada ponsel yang satu ini. Di cover belakang, ada sentuhan seperti kulit untuk memberikan kesan elegan dan membuat Liquid X1 tidak licin di tangan. Adanya pola titik-titik di cover bagian belakang yang mengingatkan @GadgetGaul kepada Samsung GALAXY S5.

Tombol AcerRAPID yang menjadi ciri khas smartphone Acer tetap ada pada Liquid X1. Letak yang cukup strategis, yaitu di bawah kamera membuat mudah ditekan menggunakan jari telunjuk. Dengan tombol AcerRapid, pengguna bisa mengakses berbagai macam fungsi seperti kamera, menjawab panggilan, atau menjalankan aplikasi lain yang diinginkan.

Performa

Liquid-X1-Performa-GG
Liquid X1 ditenagai dengan prosesor prosesor Mediatek MT6592 octa-core 1,7 GHz dan GPU Mali-450MP4. Secera umum, ponsel yang satu ini bisa menjalankan berbagai macam tugas dengan baik dan cepat. RAM seluas 2GB juga sangat mendukung, sehingga lag yang mengganggu akan sangat jarang terjadi.

Di bagian kapasitas penyimpanan Liquid X1 punya ruang seluas 16 GB secara internal. Sudah cukup luas sebenarnya untuk memasang banyak aplikasi dan menyimpan data. Namun bagi masih yang merasa kurang, ada tambahan slot micro SD hingga 32GB untuk kapasitas penyimpanan.

Untuk layar lebar seluas 5,7-inci, Acer membekalinya dengan resolusi HD 1280 x 720 yang sudah cukup tajam. Kualitas produksi warnanya memuaskan dan punya view angle yang lumayan. Untuk menonton video resolusi tinggi, serta bermain game, layar yang ada sudah sangat mencukupi, apalagi dengan dukungan DTS pada sektor audio yang menambah pengalaman menjadi lebih baik.

Sepengalaman @GadgetGaul saat menggunakan Liquid X1 untuk streaming YouTube, ponsel ini memang cukup memuaskan baik untuk audio dan visual. Bekal konektivitas 4G LTE juga sangat membantu streaming terasa lebih smooth ketika tidak bisa terhubung dengan WiFi.

Topik Hot Lainnya:   Ini Lho Spesifikasi Jagoan Baru Lenovo Vibe X2 dan Vibe Z2

Sebagai info tambahan, Liquid X1 bisa terhubung dengan koneksi 4G LTE yang sedang tren di Indonesia. Ponsel pintar Acer ini meski belum bisa terhubung di frekuensi 900 MHz yang kini sudah banyak diimplementasikan operator lokal namun mendukung frekuensi 1.800 MHz yang kelak akan bisa dipakai di masa mendatang.

Akan tetapi meski terbilang mumpuni, saya ada dua catatan untuk layar. Pertama adalah visibilitas outdoor yang meski kecerahan sudah diatur pada level tertinggi, tampilan layar masih sedikit kurang terlihat jelas. Refleksi seperti cermin juga kerap mengurangi kenyamanan pemakaian. Sedangkan catatan kedua adalah soal sensitivitas yang kurang di mana sering kali sentuhan yang @GadgetGaul lakukan di layar harus benar-benar ditekan untuk layar dapat merespon. Kekurangan ini terasa mengganggu ketika mengetik karena membuat mudah typo, dan juga saat bermain game yang membutuhkan kecepatan tap pada layar.

Baterai yang tersimpan di balik cover belakang punya kapasitas 2.700 mAh. Kapasitas tersebut terbukti cukup membuat Liquid X1 mampu bertahan untuk penggunaan seharian. Waktu 14 jam bisa dilewati dengan screen on time sekitar 3 jam lebih.

Software

Liquid-X1-Software-GG
Di bagian ini Liquid X1 terasa cukup tertinggal. Sistem operasi yang dipakai masih berlandaskan Android KitKat versi 4.4.2 yang sebenarnya sudah cukup lama. Bukan hal yang jelek sebenarnya, hanya saja jika melihat ponsel Android yang lebih murah sudah banyak menggunakan versi 5.0 Lollipop, Acer sebaiknya segera merilis update sistem operasi untuk Liquid X1.

User interface pada Liquid X1 mengalami kustomisasi yang tidak sedikit. Dengan sebutan Liquid UI, perubahan bisa dilihat pada berbagai aspek, mulai dari tampilan home screen, icon, dan lainnya, semua berubah drastis. Bagusnya selama memakai Liquid X1, perubahan kustomisasi tadi tidak memberikan efek negatif seperti membuat sistem menjadi lebih berat dan lambat.

Sisi positif lain dari kustomisasi software terletak pada adanya tambahan fitur yang tidak ditemui pada stock Android. Acer Zoom Fit hadir untuk memungkinkan tampilan layar mengecil menjadi seluas 4-inci. Dengan fitur ini mengoperasikan Liquid X1 yang besar tadi bisa jadi lebih mudah meski hanya menggunakan satu tangan saja. Posisi layar kecil yang bisa diatur juga bagus karena bisa menyesuaikan dengan tangan mana yang biasanya dipakai oleh penggunanya.

Fitur Floating Apps juga disertakan Acer pada perangkat ini. Dengan mengakses lewat menu multitasking, pengguna Liquid X1 diberikan kemudakan menjalankan aplikasi notes, kalender, kalkulator, bahkan kamera dalam waktu yang bersamaan dengan bentuk window kecil. Posisi tiap-tiap aplikasi juga bisa diatur sesuai keinginan bahkan sampai memenuhi layar sekalipun.

Topik Hot Lainnya:   Hands-on Review Mobile WiFi XL Go

Kamera

Liquid-X1-Camera-GG
Pada bagian ini resolusi 13 MP hadir dengan dilengkapi LED flash. Kualitas yang ditangkap untuk ukuran resolusi 13 MP sebenarnya standar saja dengan kecepatan auto focus yang cukup. Nilai plus pada kamera Liquid X1 adalah bukaan (aperture) lensa f.1/8 yang bagus untuk menangkap lebih banyak cahaya pada kondisi pencahayaan rendah. Sedangkan untuk kamera depan resolusi yang ada hanya 2 MP. Karena memang resolusi yang relatif kecil ini kualitas foto selfie yang bisa didapatkan juga tentu biasa saja.

Untuk melengkapi, Acer menambahkan cukup banyak fitur pada kamera Liquid X1. Fitur free focus untuk mengatur fokus setelah foto diambil adalah salah satu andalan pada kamera Liquid X1. Selain itu ada juga mode bright magic untuk foto low light yang lebih terang, auto Exposure Bracketing untuk mengambil foto dengan 3 exposure berbeda dan Snapnote yang mampu mengubah foto dokumen yang diambil dari posisi miring menjadi lurus.

Selain mode-mode tersebut, pilihan umum seperti HDR dan Panorama tentu masih bisa dipakai pada kamera Liquid X1. Oh ya, kamera Liquid X1 juga dilengkapi kemampuan object tracking untuk memudahkan kamera untuk fokus pada objek yang sedang bergerak.

Kesimpulan

Acer-Liquid-X1-Verdict-GG
Dengan banderol harga yang tidak sampai Rp3 juta, Liquid X1 pantas jadi pertimbangan bagi Gadgeteers yang saat ini sedang membutuhkan ponsel berkonektivitas 4G LTE dengan layar besar beresolusi HD, lancar saat digunakan untuk bermain
game-game berat dan memiliki kamera yang mampu memotret dengan baik dalam kondisi pencahayaan rendah sekalipun. @GadgetGaul memberikan nilai 3.5 dari 5 untuk ponsel Android bergaransi 3 tahun ini.

Kelebihan

  • Performa kencang dengan dukungan prosesor cepat dan RAM besar.

  • Berkonektivitas 4G LTE Cat. 4 yang mendukung kecepatan hingga 150Mbps.

  • Kamera dengan aperture (bukaan lensa) f/1.8 yang setara dengan ponsel merek lain dengan harga yang jauh lebih mahal.

Kekurangan

  • Tingkat keterlihatan layar di bawah terik matahari relatif kurang.

  • Dengan layar besar 5.7-inch, resolusi masih HD, bukan full HD.

  • Masih menggunakan Android 4.4 KitKat dan belum 5.0 Lollipop.

Spesifikasi Liquid X1
1.7GHz octa-core processor, 2GB RAM, 16GB storage, Mali 450 GPU, 13MP f/1.8 rear camera with autofocus & LED flash + 2MP f/2.0 wide-angle front camera with BSI sensor, WiFi b/g/n dual-band, Bluetooth 4.0, GPS/AGPS, LTE 1800MHz Cat.4, microSD slot, 2.700mAh Li-Polymer battery, 5.7-inch (1280×720, 257ppi) IPS with Gorilla Glass 3 & Zero Air Gap, Android 4.4 KitKat with Liquid UI

Sensor : G Sensor, E-Compass, Proximity Sensor, Light Sensor, Hall Sensor
Dimensi : 153.3 x 80.4x 8.5 mm
Bobot : 164g
Harga resmi : Rp2.999.000