Beranda Advertorial

Review Acer Revo One : PC Mungil, Stylish, Harga Terjangkau dengan 3 Fungsi

14
0

Baru-baru ini Acer selaku salah satu produsen PC dan gadget yang cukup dikenal masyarakat Indonesia dalam 2 dekade terakhir meluncurkan produk baru mereka dalam bentuk mini PC, yaitu Acer Revo One RL85. Disebut mini PC karena bentuknya yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan PC konvensional yang biasa kita temui. Ukurannya hanya 106.5 x 106.5 mm dengan tinggi 155 mm. Dibalut dengan case yang berbahan plastik putih bertekstur glossy, sama sekali tidak kelihatan kalau perangkat ini adalah suatu PC yang tidak jauh berbeda dengan sebuah PC besar dan kaku biasanya.

Desain memang menjadi salah satu nilai jual Acer Revo One RL85. Dengan look yang terlihat elegan dan futuristik, perangkat ini memang ditujukan untuk menjadi sebuah entertainment center di rumah-rumah keluarga modern dengan ruang yang terbatas. Fitur seperti teknologi DLNA (Digital Living Network Alliance) memungkinkan sebuah file musik/foto/video yang ditempatkan pada Acer Revo One RL85 diakses oleh semua anggota keluarga pada saat yang bersamaan menggunakan ponsel, tablet atau laptop-nya masing-masing.

Saat bilang desain Acer Revo One RL85 itu cantik, @GadgetGaul tidak sendirian. PC mungil tersebut diganjar 3 penghargaan internasional sekaligus dalam pameran komputer Computex 2015 lalu, yakni Computex 2015 Design & Innovation Award, Computex 2015 Best Choice Award dan Computex 2015 Best Choice Golden Award. Selain itu, Acer Revo One RL85 juga berhasil memenangkan penghargaan desain bergengsi kelas dunia lainnya yaitu Red Dot Design Award dan iF Design Award 2015.

Acer-Revo-One-DLNA-GG
Dengan kapasitas
penyimpanan internal default sebesar 500GB, cukup banyak data yang bisa Gadgeteers simpan dan akses di sana. Jika kurang maka kapasitas tersebut bisa Gadgeteers perbesar dengan 2 buah harddisk tambahan dengan kapasitas masing-masing hingga 2TB. Namun perlu Gadgeteers ketahui jika Acer Revo One RL85 hanya mendukung ekspansi harddisk dengan ukuran 2.5 inci yang biasa dipakai pada laptop, dan harganya lebih mahal dibandingkan dengan harddisk berukuran 3.5 inci yang biasa dipakai di PC konvensional Jika memiliki dana lebih, Gadgeteers juga bisa mengganti media penyimpanan ke dalam bentuk solid state disk (SSD) yang memiliki kecepatan baca/tulis lebih tinggi dibandingkan dengan harddisk pada umumnya.

Untuk keperluan pekerjaan sehari-hari, Acer Revo One RL85 dapat mengoperasikan dengan lancar aplikasi-aplikasi office untuk mengetik, mengolah data dan presentasi berkat prosesor Intel Celeron yang dipadu dengan RAM DDR3 berkapasitas 2GB. Microsoft Windows 8.1 asli juga sudah dipasangkan ke dalam sistemnya. Hanya saja Gadgeteers harus mendapatkan aplikasi office terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk bekerja karena belum termasuk dalam paket penjualan perangkat ini.

Acer-Revo-One-Open-Case-GG
Di dalam paket pembelian, Gadgeteers akan mendapatkan
remote control yang bisa digunakan untuk mengendalikan PC mungil ini dari jarak tertentu. Pada satu sisi, Gadgeteers bisa menggunakan remote ini layaknya remote TV anda yang bisa digunakan untuk mengontrol sebuah media player. Di sisi yang lain, remote ini berbentuk layaknya sebuah keyboard yang fungsinya sama, dan bisa digunakan untuk mengetik (walaupun tidak akan nyaman jika digunakan untuk mengetik berlama-lama).

Di sisi IO (Input/Output), Acer Revo One RL85 sudah cukup lengkap untuk mendukung jenis-jenis peripheral yang biasa kita gunakan di PC biasa. Di bagian atas terdapat slot SD Card yang bisa dipakai untuk mentransfer data tanpa harus menggunakan card reader, dan ada indikator koneksi nirkabel. Di bagian belakang terdapat 2 port USB 2.0 dan 2 port 3.0, port Ethernet untuk koneksi data menggunakan kabel. Untuk urusan display, Gadgeteers bisa memilih antara menggunakan kabel HDMI atau kabel Mini DisplayPort. Di bagian belakang ini juga ada lubang jack 3.5 mm yang biasanya digunakan untuk menghubungkan speaker dibandingkan dengan headphone. Di bagian belakang bawah ada tombol power dan port AC Power sebagai sumber masuknya listrik. Di sini juga ada tombol untuk membuka case Acer Revo One RL85 jika kita mau menambah kapasitas penyimpanan atau sekadar membersihkannya.

Acer-Revo-One-Slot-Port-GG
Salah satu selling point yang ditawarkan oleh Acer Revo One RL85 adalah kegunaannya sebagai gaming console. Dengan prosesor Intel Celeron, RAM 2GB dan kartu grafis Intel HD tentunya Gadgeteers hanya dapat menggunakan perangkat ini untuk bermain games ringan yang tidak membutuhkan performa komputasi dan grafis yang tinggi.

Performanya dalam menjalankan multitasking juga masih sedikit tersendat dengan terbatasnya kapasitas RAM. Seperti contohnya pada saat @GadgetGaul melakukan pengujian untuk mengetik dokumen, mendengarkan musik, membuka beberapa tab pada sebuah browser dan menjalankan aplikasi pengedit foto pada saat yang bersamaan di Acer Revo One RL85 maka penurunan performa komputasi akan terasa. Hal ini tentu bukanlah sebuah deal breaker karena Gadgeteers dapat menambahkan RAM pada perangkat ini hingga menjadi 8GB.

Acer-Revo-One-Work-GG
Secara keseluruhan,
Acer Revo One RL85 sudah bisa memenuhi semua tujuan pokoknya dengan lancar, yaitu sebagai alat untuk bekerja, sebagai pusat hiburan keluarga, dan sebagai tempat kita menyimpan data dalam jumlah yang besar dan mengaksesnya di manapun dan kapanpun kita terkoneksi dengan internet. Penampilannya yang simpel, elegan, dan futuristik juga menjadi nilai lebih dari mini PC ini karena cocok untuk diletakkan di berbagai tempat, baik ruang tamu, kamar tidur, ataupun kantor.

Gadgeteers bisa mendapatkan Acer Revo One RL85 ini melalui pemesanan daring via Lazada Indonesia atau toko-toko komputer langganan di berbagai kota besar di seluruh Indonesia.

Spesifikasi Acer Revo One RL85
Intel Celeron, 2GB DDR3 1600MHz RAM, 500GB HDD + 1 SATA expansion ports supporting RAID 0, 1, 5, WiFi b/g/n, Bluetooth 4.0, Gigabit Ethernet, 2x USB 3.0 ports + 2x USB 2.0 ports, 3-pin 65W AC adapter, Dual display support up to 4K HDMI & mini DisplayPort, Windows 8.1 64bit

Dimensi : 106.5 (W) x 106.5 (D) x 155 (H) mm
Harga resmi : Rp3.699.000

Topik Hot Lainnya:   Review TV Toshiba Baru Berbasis Android