Beranda Review

[REVIEW] Belanja dan Buka Toko Online via Ponsel dengan Shopee

47
0

Jual beli online sekarang ini sudah bukan merupakan hal yang mengherankan lagi. Hampir seluruh barang bisa dijual melalui internet. Namun ada satu kendala dari transaksi berbelanja online itu, yaitu penipuan dan skala kepercayaan pembeli terhadap barang yang kita jual.

Bercermin dari pengalaman pribadi bahwa berjualan online itu tidak lah mudah, pertama-tama Gadgeteers harus memiliki dulu reputasi di website tempat kita berjualan tersebut, karena bila tidak kepercayaan pembeli akan profil kita sebagai penjual pun akan meragukan.

garansi shopee

Nah, dengan tidak memandang ke sana Gadgeteers bisa coba aplikasi Shopee. Aplikasi yang tersebar tidak hanya di Indonesia ini cukup menjanjikan, pasalnya kita tidak harus terlalu memandang reputasi kita sebagai penjual. Shopee memberikan sebuah garansi kepada setiap pembeli, karena uang yang mereka transfer tidak akan langsung masuk ke rekening penjual. Jadi sang penjual harus terlebih dahulu mengirimkan barang dan harus diterima pasti oleh si pembeli, cukup aman tapi sedikit ribet.

img1442125583609

Barang jualan yang terdapat di aplikasi Shopee ini tidak sedikit, ada beragam barang yang bisa Gadgeteers beli di sini. Selain itu dengan dukungan fitur “terdekat” membuat Gadgeteers bisa mencari penjual terdekat dari posisi Gadgeteers.

Bila si penjual berada di dekat Gadgeteers, transaksi bisa dilakukan secara COD atau Cash on Delivery dengan resiko dan ketentuan Shopee tidak memberikan garansi apa-apa. Selain fitur tersebut, kita pun bisa chatting-an dengan si penjual, untuk menanyakan kejelasan barang atau malah menawar harga barang untuk dimurahkan kembali.

img1442125548682

Menariknya untuk yang pertama kali menggunakan aplikasi Shopee dan mendaftar ini akan mendapat potongan harga sebesar Rp. 50 ribu dengan minimal pembelian pertama Rp. 125 ribu dan ketentuan berlaku lainnya. Nah, bila Gadgeteers adalah penjual tetap atau salah satu orang yang konsumtif sekali. Orang lain bisa mengikuti akun pengguna agar mereka bisa melihat barang jualan paling terbaru. Selain diikuti, pengguna pun bisa mengikuti agar bisa menjajal barang dagangan terbaru dari orang lain agar tidak kehabisan.

Topik Hot Lainnya:   Dibandingkan Jadi Transparan, Ponsel & Tablet Lebih Perlu 3 Hal Ini

img1442125618570

Ketika kita menemukan barang yang kita suka, pengguna bisa langsung membelinya dan mencantumkan jumlahnya secara jelas. Selain itu pengguna pun bisa mencantumkan alamat yang akan dikirimi barang tersebut dengan jelas. Setelah semuanya selesai, bila Gadgeteers menggunakan jasa garansi dari Shopee maka pembeli harus mentransfer total pembelian ke rekening yang sudah disediakan oleh Shopee, dan bila sudah maka tanda bukti transfer pun harus dikirimkan kembali kepada mereka. Setelah itu Gadgeteers bisa melihat perkembangan terbaru dari barang yang dipesan, akan ada laporan mengenai barang Gadgeteers tersebut, apakah barangnya sedang dikemas, sedang dalam perjalanan atau malah sudah diterima.

Minusnya adalah aplikasi Shopee tidak bisa memberikan waktu kejelasan yang pasti, dan barang pun akan mencapai ke tangan pembeli dalam waktu yang tidak sebentar. Normalnya pembeli bisa mendapatkan barang yang ia pesan setelah 3 hari dari waktu pembayaran, dan penjual pun bisa mendapatkan uangnya setelah barang yang mereka kirimkan diterima oleh si pembeli.

Memang hal tersebut bagus untuk keamanan, tetapi tetap saja tidak cocok untuk mereka yang tidak sabaran untuk segera mendapatkan barang yang ia beli dan inginkan tersebut.

Screenshot_2015-09-09-07-51-39

Hal minus lainnya adalah kadang ada halaman yang tidak ter-loading dengan benar, hal tersebut bisa diakibatkan karena koneksi internet yang kurang lancar. Halaman yang kosong tersebut akan terasa mengganggu karena kita harus merefresh nya kembali dan kadang malah kehilangan halaman barang atau penjual yang kita cari akibat direfresh tersebut.

So far aplikasi ini cukup baik dan bisa menjadi lebih baik lagi dengan beberapa peningkatan di berbagai sisi. Tidak hanya dari sisi pembeli saja tetapi dari sisi penjual. Shopee tersedia untuk perangkat iOS dan Android serta bisa diunduh secara gratis di sini.

Topik Hot Lainnya:   Unboxing Wiko Highway 4G

diedit oleh WN