Beranda Advertorial

Review D-Link DSL-2877AL : Modem Router dengan 3 Koneksi Internet

91
0

Koneksi internet mungkin telah menjadi kebutuhan yang mutlak di era yang serba modern ini. Hal tersebut tentunya dapat diraih melalui perangkat modem yang dapat diandalkan. Modem router D-Link DSL-2877AL Dual Band Wireless AC750 mungkin bisa menjadi pilihan guna menghadirkan akses internet yang mumpuni melalui koneksi internet ADSL, WAN, bahkan 3G/4G.

Di dalam kemasan terdapat satu unit modem router D-Link DSL-2877AL Dual Band Wireless AC750 berwarna hitam dengan bodi doff. Selain itu dapat ditemukan pula power adapter, kabel ethernet, xDSL splitter, quick guide, serta dokumen-dokumen lainnya. Kesan pertama terhadap bodi modem router ini adalah build qualitynya yang lumayan ok tetapi rentan terhadap kotoran. Bila dipegang dengan tangan yang sedikit basah atau berminyak maka akan meninggalkan noda yang sangat terlihat jelas, namun cukup mudah untuk dibersihkan. Selain itu bodi juga rentan terhadap scratch-scratch tipis, mungkin hal ini diakibatkan karena bodinya yang berlapis doff.

D-Link-DSL-2877AL-Unbox-GG
Posisi peletakan
modem router D-Link DSL-2877AL ini paling cocok berdiri karena mayoritas semua port terletak pada bagian belakang sehingga tidak memungknkan untuk menempatkannya dalam posisi rebah. Port yang tersedia pada bagian belakang yaitu 1 port DSL, 4 port LAN, 1 port WAN, tombol reset, 1 USB port dan lubang power. Di bagian samping terdapat sebuah port USB pula, tombol WiFi 2.4 GHz dan 5 GHz serta tombol power. Pada bagian atas terdapat 3 antenna WiFi yang memiliki 2 frekuensi WiFi yaitu 2.4 GHz dan 5 GHz. Satu hal yang agak kurang adalah tidak hadirnya lubang guna menggantungkan modem router ini ke dinding sehingga peletakannya mutlak harus diletakkan di atas meja.

D-Link-DSL-2877AL-Body-GG
Proses
setup modem serta WiFi pada D-Link DSL-2877AL ini untuk pertama kali cukup mudah, buku panduan yang disertakan juga cukup user friendly. Satu hal yang unik adalah selain kita dapat men-setup koneksi internet melalui web interface seperti modem-modem pada umumnya, proses setup juga dapat kita lakukan melalui sebuah aplikasi bernama One-Touch yang tersedia gratis untuk smartphone Android maupun iOS. Fitur ini tentunya dapat memudahkan kita yang tidak ingin repot-repot membuka PC guna men-setup koneksi internet untuk pertama kali. Proses setup melalui aplikasi One-Touch tergolong simpel sehingga tentunya semakin memudahkan para user.

D-Link-One-Touch-GG
Bilamana kita ingin lebih dalam mengulik setingan
modem pada D-Link DSL-2877AL ini, maka kita dapat masuk ke dalam web interface yang dapat diakses melalui browser dengan alamat 192.168.1.1. Di sini tersedia segala opsi untuk men-tweak sang modem mulai dari koneksi internet ADSL, 3G / 4G, WAN, WiFi, dsb. Salah satu fitur yang cukup menarik yaitu parental control di mana kita bisa memilah situs mana yang dapat diakses atau tidak. Cukup berguna untuk menjaga sang buah hati dari situs-situs dewasa misalnya.

D-Link-Parental-Control-GG
Setelah proses
setup selesai kita dapat pula membuat akun mydlink Cloud Services. Akun tersebut nantinya berguna untuk log in ke dalam aplikasi smartphone lainnya bernama mydlink Lite yang dapat diunduh gratis di Google Play Store maupun Apple App Store. Melalui aplikasi tersebut kita dapat mengontrol sang modem router secara remote atau jarak jauh. Perangkat yang terkoneksi ke modem router D-Link DSL-2877AL dapat kita pantau melalui aplikasi ini, bahkan hingga browsing history yang telah dilakukan oleh perangkat tersebut. Kemampuan untuk memblok perangkat tertentu agar tidak dapat mengakses koneksi WiFi misalnya, juga dapat kita lakukan.

myDlink-Lite-App-GG
Selain itu, terdapat fitur email notifikasi di mana sang
modem router dapat mengirimkan email notifikasi bila terdapat perangkat baru yang terkoneksi ke jaringan internet sang modem router. Terakhir, fitur menarik yang tersedia pada aplikasi mydlink Lite adalah LAN, di mana kita dapat mengaktifkan maupun menonaktifkan sinyal WiFi yang dipancarkan oleh modem router dan mengganti mode sekuriti yang ada beserta password-nya. Sungguh sebuah aplikasi yang sangat bermanfaat guna mengatur keamanan si modem router dari jarak jauh.

Sumber konektivitas internet yang ditawarkan oleh modem router D-Link DSL-2877AL ini tergolong lengkap. Tak hanya koneksi internet ADSL, koneksi internet yang berasal USB modem 3G / 4G serta WAN dapat pula ditransmisikan melalui modem router ini. Berinternet menggunakan koneksi USB modem 3G/4G sangatlah mudah karena sifatnya yang plug & play. Sebuah USB modem HSUPA yang kebetulan juga bermerek D-Link dijajal untuk ditancapkan ke port USB yang tersedia. Alhasil koneksi internet dapat langsung tersambung secara otomatis dan dipancarkan melalui kedua frekuensi WiFi yang tersedia.

D-Link-DSL-2877AL-3-WAN-GG
Salah satu fitur unggulan dari
modem router D-Link D-Link DSL-2877AL adalah tersedianya dual band atau dua buah frekuensi wifi yaitu 2.4 GHz dan 5GHz. Kedua frekuensi tersebut tentunya menawarkan kelebihan masing-masing. WiFi dengan frekuensi 2.4 GHz memiliki jangkauan yang lebih luas daripada frekuensi 5 GHz. Selain itu WiFi dengan frekuensi ini mampu mendukung banyak perangkat yang beredar saat ini. Kekurangannya yaitu frekuensi 2.4 GHz seringkali berinteferensi dengan frekuensi lainnya sehingga mempengaruhi kecepatan internet. Lain halnya dengan WiFi frekuensi 2.4 GHz, WiFi frekuensi 5GHz minim berinteferensi dengan frekuensi lainnya sehingga kecepatan internet dapat selalu maksimal, namun dengan konsekuensi jangkauan WiFi yang lebih pendek daripada WiFi frekuensi 2.4 GHz dan belum semua perangkat mendukung koneksi WiFi 5 GHz.

Kedua jenis frekuensi WiFi tersebut tersedia di modem router D-Link D-Link DSL-2877AL sehingga aksesibilitas jenis WiFi yang ditawarkan oleh sangatlah komplit. Dua buah koneksi WiFi yang berfrekuensi 2.4GHz dan 5GHz akan terpampang bilamana kita mencari sinyal WiFi dari modem router ini. Cukup dengan mengkoneksikan salah satu WiFi yang tersedia, maka kita dapat segera berselancar di dunia maya. Overall jangkauan kedua WiFi sudah lebih dari cukup untuk menjangkau setiap sudut rumah berkamar empat bahkan hingga ke pekarangan rumah berkat 3 buah antenna WiFi berkekuatan 5dBi yang tertancap pada bodi modem router ini.

D-Link-DSL-2877AL-Fail-Over
Fitur unggulan lainnya yang patut dibahas adalah fitur Fail Over. Fitur ini mampu menjaga koneksi internet tetap tersambung meskipun sumber koneksi internet utama terputus. Misal terdapat tiga sumber koneksi internet yang terhubung melalui
modem router ini yaitu ADSL, 3G / 4G dan WAN, lalu sumber koneksi internet utama yaitu ADSL putus. Berkat adanya fitur Fail Over, dengan segera sumber koneksi internet langsung digantikan melalui 3G / 4G. Bilamana koneksi internet dari 3G / 4G putus, maka sumber koneksi internet langsung diambil dari WAN. Ketiga urutan prioritas sumber koneksi internet tersebut tentunya dapat kita tentukan melalui web interface modem router D-Link D-Link DSL-2877AL ini. Ketika dicoba, fitur ini memang benar-benar bekerja dengan baik. Proses surfing internet dapat terus berlanjut meskipun sumber utama koneksi internet sengaja diputus sehingga produktivitas kita dalam berselancar selalu terjaga.

Kesimpulannya, modem router seharga Rp1.2 jutaan ini memang patut dimiliki terlebih bagi para users yang menginginkan koneksi internet yang stabil dan cepat melalui WiFi dual band. Kemampuannya untuk mendukung beragam sumber koneksi internet yaitu ADSL, 3G / 4G serta WAN patut diacungi jempol. Belum lagi kemampuan Fail Over serta tersedianya aplikasi-aplikasi smartphone yang sangat berguna dalam meningkatkan fungsionalitas modem router ini tentunya akan menambah daya tarik bagi modem router D-Link DSL-2877AL.

D-Link-DSL-2877AL-Beli-GG

Topik Hot Lainnya:   [Review] AccessGo 4E – Ponsel Quad-Core Android KitKat Dengan NFC Hanya Rp1 jutaan