Beranda Review

[REVIEW] Dongeng Interaktif Legenda Malin Kundang

214
0

Ingat dengan cerita rakyat Malin Kundang? Cerita yang datang dari kepulauan Sumatera, lebih tepatnya provinsi Sumatera Barat ini mengisahkan seorang anak durhaka yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu. Kepopuleran cerita rakyat ini belakangan mulai memudar seiring dengan masuknya banyak komik dan film animasi populer dari Jepang, Amerika Serikat atau bahkan negeri tetangga, Malaysia dalam 1-2 dekade terakhir.

Screenshot_2015-03-15-10-33-22

Seolah ingin mengembalikan kepopuleran cerita rakyat tersebut,  sekelompok orang yang menamakan dirinya LooLooChoo atau bisa dibaca dengan LuLuCu menciptakan sebuah aplikasi buku visualilasi yang bernama Malin Kundang. Malin Kundang, sekarang dikemas secara interaktif dalam bentuk aplikasi untuk Android dan iOS. Mengingat sekarang ini anak-anak yang baru berumur 2 sampai 8 tahun saja sudah memiliki tablet sendiri.

Screenshot_2015-03-15-10-34-00
Ketika Gadgeteers pertama kali membuka aplikasi ini akan terasa bahwa aplikasi ini penuh oleh warna dan menarik. Membawa kesan pertama yang menyenangkan merupakan kunci aplikasi ini. Diilustrasikan dengan simple dan kompleks serta tidak lupa juga diiringi oleh musik yang melukiskan budaya Nusantara.

Screenshot_2015-03-15-10-36-05

Anak nantinya dapat berinteraksi dengan elemen-elemen yang terdapat pada halaman demi halaman yang sedang dibaca tersebut. Fitur pengubah bahasa dari bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggrisnya pun cukup bagus. Vokal sang pencerita (narator) terdengar jelas kata perkatanya, dan pronunciation dalam bahasa Inggrisnya pun bisa dibilang sempurna.

Ingin membiarkan sang anak membacanya sendiri? Tidak masalah, Gadgeteers bisa menonaktifkan fitur narator. Hanya saja kekurangannya yaitu tulisan cerita berwarna putih sehingga kadang ada beberapa tulisan yang bertabrakan dengan latar gambar dan tulisan menjadi tidak terbaca.

Aplikasi yang cukup menarik, tidak hanya anak-anak, bahkan remaja pun mungkin akan tertarik karena penyajian cerita yang disungguhkan oleh aplikasi ini. Malin Kundang dapat Gadgeteers unduh gratis di Google Play Store dan berbayar di Apple App Store 🙂

Topik Hot Lainnya:   HTC Desire 10 Pro dan Lifestyle, Ponsel Rasa Premium Seharga Rp4 Juta-an

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × one =