Beranda Review

Review EVERCOSS Elevate Y2 Power (S55), Tidak Hanya Kuat di Baterai

185
3

Saat ini sudah ada beberapa ponsel yang memiliki “spesialisasi” di bagian baterai seperti Lenovo Vibe P1 Turbo dan Zenfone Max. Namun, kedua ponsel tersebut masih memiliki beberapa kelemahan yang membuatnya menjadi kurang diminati, seperti harga yang tinggi dan bobot yang berat berkat kapasitas baterai yang besar.

Kali ini, EVERCOSS sebagai salah satu merek lokal mencoba peruntungannya di sektor baterai dengan ponsel EVERCOSS S55 atau yang lebih dikenal dengan Elevate Y2 Power. Tidak tanggung-tanggung, Y2 Power memiliki baterai berkapasitas 6.200 mAh yang diklaim bisa digunakan secara normal selama 4 hari dalam satu kali pengisian. Apakah klaim tersebut benar? Dan apakah ponsel ini hanya menang soal ketahanan baterai saja? Berikut ulasannya.

EVERCOSS Elevate Y2 Power

Desain

Untuk ponsel dengan kapasitas baterai di atas rata-rata, dimensi dari Y2 Power (9mm) tidak terlalu tebal dibandingkan dengan ponsel lain seperti Flash Plus 2 (7mm) yang baterainya berdaya 3.000 mAh. EVERCOSS menyediakan 3 varian untuk ponsel ini, yakni White, Dark Blue, dan Natural Wood yang dibahas di review ini. 

Untuk varian Natural Wood, Gadgeteers akan mendapatkan Y2 Power berwana putih di bagian depan dan backcover berbahan kayu di belakang. Keunggulan dari varian ini adalah penampilannya yang unik dan genggaman yang lebih mantap karena tekstur dan bahan kayunya membuat ponsel ini tidak terasa licin.

EVERCOSS Elevate Y2 Power

EVERCOSS Elevate Y2 Power

Di bagian sisinya, ponsel ini sudah menggunakan bahan logam dengan tekstur goresan-goresan yang sangat halus, sehingga sulit untuk dirasakan saat dipegang. Bahan logam ini juga membuat Y2 Power terasa kokoh dan lebih berkelas. 

Rasa kokoh dari ponsel ini juga didukung beratnya yang mencapai 200.9 gram, hampir sama dengan Zenfone Max yang berbobot 202 gram. Build quality yang mantap dari Y2 Power juga menular ke tombol-tombol fisik seperti tombol volume, power, dan Smart Key yang nyaman untuk ditekan.

@Gadgetgaul menemukan beberapa bagian yang tidak biasa dari desain Y2 Power, seperti penempatan kamera belakang yang dirasakan terlalu tinggi. Selain kurang enak untuk dilihat, posisi seperti ini juga membuat kamera menjadi rentan terhalang oleh tangan pada saat kita mengambil foto dalam mode landscape

Bagian lain yang juga terasa aneh adalah keberadaan garis hitam yang mengelilingi layar 5.5 incinya. Menurut @Gadgetgaul, garis hitam ini memiliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulannya, layar ponsel ini akan terlihat cantik saat dimatikan karena seolah terlihat seperti layar yang tidak memiliki bezel. Namun saat layarnya dihidupkan, garis hitam ini akan terasa cukup mencolok karena tidak cocok dengan warna putih yang digunakan di bodi ponsel ini.

EVERCOSS Elevate Y2 Power

Display

Elevate Y2 Power mengusung layar 5.5 inci dengan resolusi HD yang ketajamannya tidak terlalu tinggi, namun masih nyaman untuk digunakan. Warnanya terasa cerah, viewing anglenya bagus, dan tampilannya tetap jelas di bawah terik sinar matahari. 

Kaca Dragontrail yang sudah digunakan di layar ponsel ini pun menambah kenyamanan dalam penggunaan karena minyak yang ada di kulit akan lebih sulit menempel. Selain itu, plastik antigores bawaan yang sudah tertempel di di layar Y2 Power akan terasa kurang bermanfaat karena kaca Dragontrail sudah memberikan proteksi dari goresan.

EVERCOSS Elevate Y2 Power

Sayangnya, pengalaman penggunaan Y2 Power menjadi kurang maksimal karena kaca 2.5D yang digunakan di ponsel ini terasa agak sia-sia. Biasanya, kaca 2.5D baru terasa maksimal jika seluruh lengkungannya bisa dirasakan oleh jari. 

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Tes IQ Indonesia, Permainan Sederhana Penguji Kecerdasan

Tidak demikian untuk Y2 Power. Karena penempatannya yang tidak lebih tinggi dari bodi, kehalusan dari kaca 2.5D di ponsel ini akan terhalang oleh bodi di sampingnya, sehingga efek halus dari kaca ini jadi terasa kurang maksimal.

Spesifikasi dan Fitur

Y2 Power menggunakan prosesor MediaTek MT6735 Quad Core 1.3 GHz dengan GPU Mali T720, RAM 2 GB, penyimpanan internal 16 GB yang bisa diperluas 32 GB dengan kartu MicroSD, kamera belakang 13 MP, kamera depan 8 MP, dan menu utama baterai berkapasitas 6.200 mAh. Ponsel dual SIM ini telah mendukung jaringan 4G LTE dan koneksi OTG serta mampu dimanfaatkan sebagai powerbank untuk ponsel Android dan feature phone lain.

EVERCOSS Elevate Y2 Power

Sensor yang dibawa Y2 Power terbilang cukup lengkap karena sudah membawa sensor cahaya, accelerometer, orientasi, proximity, suara, dan sensor magnetik. Sayangnya belum ada sensor gyroscope di ponsel ini sehingga tidak bisa digunakan untuk menonton atau bermain konten dengan teknologi VR atau AR.

Untuk menambah bumbu bagi spesifikasi di atas, EVERCOSS telah menyematkan berbagai fitur yang terbilang baru sampai fitur yang sudah umum ditemui di ponsel lain. Salah satu fitur barunya adalah tombol bulat bernama Smart Key. Jika ditekan satu kali, Smart Key akan membawa Gadgeteers masuk ke aplikasi kamera, dan jika ditahan agak lama, Gadgeteers akan langsung dibawa ke aplikasi perekam suara. 

Fitur seperti ini cukup berguna bagi Gadgeteers yang sering menemukan momen-momen yang terjadi secara cepat. Sebagai tambahan, Smart Key juga berfungsi sebagai shutter kamera depan dan belakang.

Fitur lain yang bisa ditemui di Y2 Power adalah Air Gesture yang berfungsi untuk berpindah gambar di Gallery, mengangkat telepon, dan berganti lagu tanpa perlu menyentuh layar. Fitur umum seperti pemancar sinar infra merah, double tap to wake, serta Gesture Smart Access yang berfungsi untuk masuk ke berbagai aplikasi dengan menuliskan huruf di layar juga sudah tersedia di ponsel ini.

EVERCOSS Elevate Y2 Power

Performa

Walaupun spesifikasinya tidak terlalu mentereng, Elevate Y2 Power tetap mampu menyajikan performa yang mengagumkan. Mayoritas kegiatan yang dilakukan oleh @Gadgetgaul di ponsel ini seperti membaca berita, menonton video baik secara online maupun offline, berkelana di sosial media, sampai bermain game, mampu dijalankan dengan mulus. 

Performa handal ini juga berlanjut ke kemampuan multitaskingnya yang handal. Meskipun @Gadgetgaul telah membuka 5 jenis game sekaligus, ponsel ini tetap mampu melanjutkan game pertama tanpa harus membukanya dari awal.

Tapi, kehandalan ini perlu diberi catatan karena jika aplikasi yang dibuka sudah terlalu banyak, ponsel ini akan terasa lag, bahkan sampai beku untuk beberapa saat. Di saat itulah kita harus segera menutup beberapa aplikasi yang tidak berguna. Singkat kata, kapasitas RAM 2GB pada Y2 Power mampu digunakan dengan maksimal, namun manajemen RAMnya tidak efektif karena tidak otomatis menutup aplikasi yang tidak digunakan.

Jika diajak bermain game yang memiliki grafis tinggi seperti Lara Croft GO, Elevate Y2 Power mampu menjalankannya dengan baik meski tidak dalam pengaturan tertinggi. Sayangnya, ketika sudah bermain selama 15 menit, suhu yang dihasilkan ponsel ini saat bermain game berat akan terasa hangat di bagian atas, sekitar 38-40 derajat. Tapi jika diajak bermain game dengan grafis menengah seperti Room of Doom atau Subway Surfer, ponsel ini mampu melibasnya dengan baik tanpa masalah suhu.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Jangan Lewatkan Satu Pun Pembayaran Dengan Aplikasi SatuBon

EVERCOSS Elevate Y2 Power

Baterai

Mungkin Gadgeteers hanya mampir ke artikel ini untuk mengetahui performa baterainya, karena baterai memang menjadi senjata utama Y2 Power. Menurut klaim dari EVERCOSS, kapasitas 6.200 mAh di ponsel ini mampu bertahan hingga 4 hari, tapi selama dipakai oleh @GadgetGaul, ponsel ini seringkali hanya bertahan hingga 3 hari, itu dengan catatan kalau pemakaian ponsel yang dilakukan @Gadgetgaul termasuk lebih intens dibandingkan pengguna biasa. 

Jika ponsel Y2 Power hanya digunakan untuk berkomunikasi dan sesekali membaca artikel di internet, @GadgetGaul yakin baterainya bisa bertahan hingga 1 minggu lebih.

Ketika @GadgetGaul mencoba menghabiskan baterainya dengan memutar video di Youtube ditambah beberapa pemakaian ringan selama 8 jam 42 menit, baterai di ponsel ini masih menyisakan kapasitas 52%, yang berarti screen on time di Y2 Power mencapai 18 jam. 

Proses pengisian baterainya pun cepat, hanya butuh waktu 2 jam untuk mengisi baterai 6.200mAh dari 0% hingga 100%. Ditambah dengan fitur powerbank yang bisa mengisi daya ponsel lain, tidak salah jika EVERCOSS benar-benar mengandalkan performa baterai Y2 Power.

Screen on time Y2 Power

Kamera

Lain halnya dengan performa baterai yang luar biasa, kualitas gambar yang dihasilkan kamera Y2 Power tidak terlalu mengesankan, bahkan cenderung medioker. Dalam kondisi cukup cahaya, kualitasnya lumayan baik karena mampu menghasilkan warna yang tidak kusam dan detailnya cukup mengagumkan karena bagian kecil dari gambar masih bisa dilihat dengan baik ketika dizoom. Sayangnya, dynamic range di ponsel ini benar-benar tidak seimbang karena pembagian cahaya di daerah yang terang tidak seimbang dengan daerah gelap.

Kualitas gambar dari kamera 13 MP ini akan semakin menurun ketika memotret dalam keadaan low light. Detail yang bagus saat terang akan hilang dan warna yang dihasilkan pun kusam. Shutter speednya juga lambat dan membuat gambar menjadi sering blur.

Sample Foto Y2 Power

Sample Foto Y2 Power

Sample Foto Y2 Power

Sample Foto Y2 Power

Sample Foto Y2 Power

Sample Foto Y2 Power

Sample Foto Y2 Power

Sample Foto Y2 Power

Sample Foto Y2 Power

Sample Foto Y2 Power

Kesimpulan

Meskipun mengusung baterai jumbo sebagai senjata utamanya, bagian lain dari EVERCOSS Y2 Power tidak bisa dipandang sebelah mata. Performa yang handal, build quality yang kokoh, ditambah fitur yang kaya, membuat baterai 6.200 mAh di ponsel ini tidak perlu bekerja sendirian dalam menarik calon pelanggan. Meskipun masih termasuk pemain baru di ponsel dengan harga Rp2 jutaan, EVERCOSS telah membuktikan jika ponsel merek lokal juga mampu bersaing dalam hal kualitas.

Tentu saja masih ada bagian-bagian yang bisa dikembangkan dari ponsel ini, seperti desainnya yang masih terasa aneh dan kualitas kameranya yang masih kalah jauh dibanding ponsel dengan harga sekelas seperti jajaran ponsel Redmi Note. 

Jika Gadgeteers adalah penggemar fotografi dan kurang suka dengan ponsel dengan dimensi yang besar, ponsel ini tidak recommended. Tapi jika Gadgeteers mencari ponsel dengan performa handal, build quality kokoh, dan terutama baterai tahan lama, ponsel ini patut masuk ke dalam pertimbangan. @GadgetGaul memberikan nilai 3.5 dari 5 untuk EVERCOSS Elevate Y2 Power.

EVERCOSS Elevate Y2 Power

WN

3 KOMENTAR

  1. Walaupun chipset dg mediatek yg masih quad core tapi hsl skor antutu sebanding dg snapdragon 415 yg okta core yaitu 30 rbuan…mantaff

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 + fourteen =