Beranda Review

Review HP 14-af118AU, Notebook AMD Entry-Level untuk Pelajar & Mahasiswa

40
0

Sudah sewajarnya kalau notebook dengan harga terjangkau alias berada di kelas low-end, ditargetkan pada konsumen yang tidak membutuhkan kemampuan komputasi tingkat tinggi. Hal itu juga berlaku dengan notebook Hewlett-Packard yang dijajal oleh @GadgetGaul selama beberapa hari ke belakang ini, yakni HP 14-af118AU yang untuk selanjutnya akan disebut HP 14.

Dengan banderol harga Rp4 juta, tentu saja kita tidak bisa mengharapkan kalau HP 14 akan memberikan kemampuan gaming yang mentereng. Namun, bagaimana soal performa notebook ini dalam menjalankan tugas utamanya sebagai penujang produktivitas?

c

Desain

Bagian cover yang melapisi HP 14 terbilang cukup unik dengan adanya tekstur berpola geometris yang membuat genggaman tangan saat membawanya terasa lebih mantap. Dengan ukuran layar 14 inci yang memiliki resolusi HD 1366×768 pixel, notebook ini termasuk ringan karena memiliki bobot di bawah 1,9 kg. Bobot yang ringan akan selalu menjadi nilai jual lebih bagi calon konsumen yang mencari notebook untuk dibawa-bawa ke luar rumah atau kantor.

Di bagian dalam, HP 14 menggunakan layout keyboard tenkeyless (tidak memiliki numeric pad) karena ruang yang tersedia memang terbatas. hal ini sangat umum ditemukan di notebook dengan layar 14 inci. Kesederhanaan desain bagian dalam HP 14 semakin terasa kuat dengan absennya stiker-stiker spesifikasi yang biasanya menghiasi bagian palm rest. Untungnya HP memberikan sentuhan tambahan yang baik dengan memberikan pola brushed metal di bagian palm rest ini, sehingga bagian interior HP 14 tidak terasa sepi.

f

Walaupun HP 14 dibuat untuk menunjang produktivitas, yang biasanya meliputi aktivitas mengetik, keyboard pada notebook ini tidak terlalu nyaman untuk digunakan. Ukuran tombol-tombolnya yang sedikit lebih luas dari laptop lain memang membuat jari-jari semakin mudah untuk beraktivitas tetapi feel ketika menekan tombol-tombol tersebut tidaklah terlalu memuaskan karena jarak tekannya pendek sehingga menghasilkan kesan yang tipis dan tidak mantap.

Topik Hot Lainnya:   Pre-Order Acer Predator Helios 300 – Notebook Gaming Bertenaga dengan Sistem Pendingin Canggih

b

Dapur Pacu

Berlabel notebook low-end, HP 14 memang tidak memiliki dapur pacu yang mentereng, namun memiliki performa yang cukup menjanjikan karena mengandalkan prosesor AMD Quad Core A8-7410 berkecepatan dasar 2,2 GHz yang bisa dipacu hingga kecepatan 2,5 GHz. Seperti biasa, prosesor kubu “merah” ini juga didukung dengan kartu grafis Radeon. HP 14 menggunakan kartu grafis Radeon tipe R5. Kapasitas RAM yang dibawa HP 14 terbilang cukup besar dengan ukuran 4GB. Untuk penyimpanan data, HP 14 mengandalkan hard drive berkapasitas 500GB yang notabene merupakan kapasitas penyimpanan standar notebook entry-level saat ini.

Jenis port yang dihadirkan pun sudah termasuk lengkap untuk sebuah notebook. Di bagian kanan kita akan menemukan 2 LED indikator power dan aktivitas hard drive, ditemani dengan 1 port USB 3.0 dan DVD-ROM. Di bagian kiri terdapat jack 3,5mm yang berfungsi ganda sebagai lubang headphone dan microphone, 2 port USB 2.0, port HDMI, LAN, VGA, lubang exhaust fan, dan lubang untuk mengisi baterai notebook ini. Di bagian depan bawah, kita akan menemukan 2 speaker yang kualitas suaranya biasa saja. Salah satu hal yang cukup disayangkan dari HP 14 adalah belum adanya sistem operasi yang sudah ter-install di dalamnya sehingga kita harus mengeluarkan biaya ekstra di luar biaya pembelian notebook-nya.

e

Performa

Di luar pengalaman mengetik yang tidak terlalu memuaskan, @GadgetGaul cukup terkesan dengan performa yang dihasilkan HP 14. Proses booting awal dan launching aplikasi yang cepat, performa menjalankan aplikasi yang nyaris bebas lag, dan keleluasaan dalam ber-multitasking menjadi alasan utama. HP 14 sama sekali tidak memiliki masalah dalam menjalankan aplikasi yang sesuai dengan tujuan notebook ini, yakni produktivitas seperti membuka aplikasi-aplikasi office dan browser.

HP 14 pun jarang mengalami lag ketika kita membuka banyak tab dalam browser Google Chrome, yang terkenal rakus soal pemakaian RAM. Lag baru terasa ketika @GadgetGaul mencoba hal ekstrem seperti membuka lebih dari 10 tab sekaligus.

Topik Hot Lainnya:   Penanganan Pertama yang Harus Dilakukan Saat Laptop Terkena Air

Selain untuk tujuan produktivitas, HP 14 juga cocok digunakan bagi Gadgeteers yang sering menggunakan notebook-nya untuk keperluan multimedia seperti menonton video secara online. Layar 14 inci yang dibawa HP 14 memang terasa pas dalam segi ukuran, sekaligus pas dalam hal kualitas gambar karena warna yang dihasilkan sudah cukup nyaman untuk dipandang oleh mata. Sayangnya layar di notebook ini memiliki viewing angle yang terbilang kurang baik sehingga mengurangi kenyamanan ketika @GadgetGaul melihat layar dari posisi yang agak menyamping.

d

@GadgetGaul mencoba iseng menyiksa HP 14 dengan menjalankan game 3D seperti DOTA 2 dan FIFA 2015. Hasilnya sama sekali tidak mengejutkan. Notebook ini memang bisa menjalankan keduanya, tetapi dengan frame rate yang sangat rendah, yakni 3-4 fps di pengaturan grafis paling rendah sekalipun.

Kesimpulan

Dibanderol dengan harga Rp4 juta, HP 14 sudah menjalankan tugasnya dengan baik sebagai penunjang produktivitas. Kegiatan seperti mengetik, browsing, ataupun sekedar menonton film HD dapat dijalankan dengan lancar tetapi tidak lebih dari itu. Gadgeteers bisa melupakan kegiatan gaming 3D di notebook ini karena spesifikasi yang ditawarkan memang dibuat secukupnya supaya dapat menghasilkan harga Rp4 juta. Dengan harga dan performa yang ditawarkan tersebut, @GadgetGaul merekomendasikan HP 14 ini bagi Gadgeteers yang menggunakan notebook-nya untuk keperluan sekolah, kuliah, ataupun pekerjaan kantor yang ringan. Secara keseluruhan @GadgetGaul memberikan nilai 4 dari 5 untuk notebook bergaransi 1 tahun ini.

diedit oleh WN