Beranda Review

[REVIEW] Jadi Raja Duelist Sejati Dalam Yu-Gi-Oh! Duel Links

132
0

Bila mendengar kartu permainan Yu-Gi-Oh! mungkin Gadgeteers tidak asing lagi. Permainan yang diangkat langsung dari cerita manga (komik jepang) tersebut menjadi sangatĀ viralĀ pada masanya. Tidak sedikit orang yang akhirnya ikut memainkan permainan kartu tersebut pada kehidupan nyata, sampai akhirnya diangkat langsung ke dalam sebuah permainan konsol maupun PC.

Lalu sekarang, permainan kartu Yu-Gi-Oh! hadir sudah dalam perangkat ponsel dan dapat dimainkan oleh mereka pengguna Android dan iOS.

Game yang berjudul Yu-Gi-Oh! Duel Links ini hadir close beta pada tanggal 7 September 2016, lalu diikuti dengan perilisannya di Australia dan Singapore pada tanggal 27 Oktober 2016, di Jepang tanggal 17 November 2016, lalu pada akhirnya sepanjang bulan Januari 2017 ini rilis secara global.

DL-VideoGameJP

Pada dasarnya tidak ada yang berubah pada gameplay Yu-Gi-Oh! Duel Links ini. Mengambil peraturan dan gaya yang sama seperti dalam manga-nya, yakni setiap pemain memiliki tugas untuk menghabiskan life points lawan sampai 0 dengan menggunakan sekumpulan kartu yang disebut deck. Dalam deck tersebut terdapat monster, trap dan spell yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri.

Yang membedakan versi asli dengan versi mobile atau Duel Links ini yakni jumlah kartu yang dapat dikeluarkan dan disimpan dalam arena atau field dan jumlah kartu yang diambil pertama kali ketika permainan baru saja dimulai. Biasanya, jumlah kartu yang dapat dikeluarkan berjumlah 10, yakni 5 untuk kartu jenis monster, dan 5 untuk kartu jenis trap maupun spell, lalu kartu yang didapat pertama kalinya pun berjumlah 5.

Namun dalam Duel Links ini terdapat penyesuaian, yakni kartu yang dapat dikeluarkan hanya berjumlah 6 yang dibagi 3 untuk kartu jenis monster, dan 3 kartu jenis trap atau spell, lalu kartu yang pertama kali didapat pun hanya berjumlah 4.

Topik Hot Lainnya:   5 Perbedaan Nexus 5 dengan Nexus 4

photo6061874841545451446

Permainan berjalan secara bergilir dan dihitung dengan round. Dalam gilirannya, pemain dapat mengeluarkan satu monster dalam posisi attack atau defense. Keuntungan dari kedua posisi tersebut adalah, Gadgeteers dapat menyerang monster atau pemain lain dalam posisi attack, namun ketika suatu monster dalam posisi attack dihancurkan oleh pemain lain, maka life points Gadgeteers akan berkurang. Hal tersebut tidak akan terjadi kalau ternyata monster Gadgeteers berada di dalam posisi defense, life points tidak akan berkurang walaupun monster tersebut dihancurkan. Hanya saja monster dalam posisi ini tidak dapat meluncurkan serangan.

Menariknya, pemain dapat mengantisipasi serangan maupun taktik lawan dengan menggunakan spell maupun trap. Seperti contohnya, Gadgeteers dapat memperkuat monster tipe penyihir dengan menghadirkan kartu field-spell Yami. Atau mungkin monster jenis naga dengan field-spell Mountain, dan lain sebagainya.

photo6061874841545451448

Dunia dalam Yu-Gi-Oh! Duel Links tidak terlalu luas cangkupannya. Gadgeteers hanya tinggal menggeser ke kanan maupun ke kiri untuk berpindah tempat. Terdapat PVP Arena, Shop, Card Studio dan Gate. Fungsi dari tempat-tempat tersebut pun berbeda. Gadgeteers biasanya dapat menemukan lawan-lawan yang kuat di Gate, lalu bila ingin melawan pemain lain atau pun teman dapat pergi ke PVP Arena.

photo6061874841545451447

Jangan lupakan juga, untuk memperkuat deck Gadgeteers, sekali-kali pergilah ke Shop. Di sana akan terdapat NPC (Non Player Character) yang dikenal dengan Trader. Ia kadang menyajikan kartu yang langka dan bagus. Tetapi bila tidak dapat memenuhi permintaannya, Gadgeteers dapat membeli beberapa kartu dari toko. Saat ini terdapat tiga box pilihan yang dapat Gadgeteers buka. Tentu saja, ketiga kartu dalam box tersebut berbeda-beda.

Pemain pun dapat mengganti matras dan layout kartu di Card Studio. Selain itu di tempat tersebut pun pemain dapat mengkonversikan kartu ke dalam gold maupun material untuk memenuhi permintaan sang Trader di tempat Shop tadi.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Gombal, Game Asal Jogja Ini Bakal Asah Gombalanmu

photo6061874841545451444

Permainan kartu Yu-Gi-Oh! ini berlangsung menari, walaupun terdapat pengurangan jumlah kartu yang dapat dimainkan dalam field, hal tersebut tidak mengurangi keseruan dalam bermain kembali Yu-Gi-Oh!. Karakter yang tersedia pun beragam dan pastinya Gadgeteers rata-rata kenal, bila mengikuti serial manga-nya. Karakter-karakter tersebut diantaranya adalah Pegasus, Bandit Keith, Yugi, Kaiba, Mai, Joey dan lain sebagainya. Tentunya, karakter-karakter tersebut memiliki kemampuan dan kelebihannya masing-masing.

photo6061874841545451445

Nah, yang membedakan permainan Yu-Gi-Oh! Duel Links ini dengan permainan kartu Yu-Gi-Oh! lainnya adalah terdapatnya panel skill. Setiap karakter memiliki kekuatan spesialnya masing-masing yang dapat diaktifkan ketika bertarung. Seperti contohnya Yami Yugi yang mempunyai skill Power of Darkness, sehingga secara otomatis keluar field-spell Yami, atau contoh lainnya adalah Kaiba yang secara otomatis mengeluarkan field-spell Mountain.

Oleh karena itu, keseruan dalam Yu-Gi-Oh! Duel Links ini tidak hanya terletak dalam bagaimana Gadgeteers mengolah komposisi deck menjadi yang terkuat, tetapi juga bagaimana memanfaatkan skill suatu karakter sehingga dapat cocok dengan kondisi deck itu sendiri.

Yu-Gi-Oh! Duel Links ini cukup seru untuk dimainkan! Walaupun permainan ini gratis untuk diunduh, Gadgeteers tidak akan menemukan iklan berkeliaran selama permainan berlangsung.

Bila tertarik untuk memainkannya, Gadgeteers dapat mengunduhnya secara gratis di perangkat Android dan iOS. Untuk Android dapat mengunduhnya di Google Play Store, dan iOS di App Store. Mainkan kartumu, kalahkan teman-temanmu dan jadilah raja duelist sejati!

WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four + seven =