Beranda Review

Review KATA i4 – Android Handal Berdesain Premium di Rp3 Jutaan

16
0

Potensi pasar smartphone Indonesia memang begitu menggiurkan. Gempuran merek-merek baru dengan berbagai opsi produk2 yang berdaya saing tinggi, penawaran fitur-fitur yang unik dan kreatif, hingga strategi marketing yang bikin “heboh” dan anti-mainstream yang membuat merek lokal maupun global yang telah lama malang melintang di pentas ini pun dibuatnya tidak bisa duduk santai dengan hanya mengandalkan produk yang berkategori “biasa-biasa” saja.

Digempur….. Emang lagi perang ?….. Yup…. This is war !!! Merek-merek seperti Oppo, Vivo, Asus, Xiaomi, Alcatel, OnePlus, InFocus, Wiko, dan yang terbaru “KATA” terus berusaha mencabut akar-akar Samsung, LG, Sony, Lenovo, Acer, Huawei, HTC, Blackberry, sampai Nokia yang sebelumnya sudah tertanam kuat di pasar tanah air. Sejauh ini, gempuran mereka cukup sukses dan korban pun sudah berjatuhan.

Saya cukup tertarik dengan merek “KATA” yang sebelumnya cukup eksis di pasar Hongkong, Singapura, Filipina, Bahkan Amerika dan Kanada melalui penjualan daring di Amazon, yang kini mulai mencoba peruntungannya di pasar Indonesia. Alasan ketertarikan saya adalah ketika merek-merek baru lainnya berusahan menekan harga jual dengan mengoptimalkan kinerja hardware dan biasanya cukup anti dengan “strategi maksimalisasi design” agar terlihat dan terasa premium. Namun “KATA” melalui salah satu produk pertamanya di Indonesia “KATA i4” terlihat percaya diri dengan balutan frame metal yang kokoh dan premium ala GALAXY Note 4.


Kata-i4-Note4-Back-GG

Where to Buy & Warranty

Penjualan melalui toko online masih menjadi metode favorit bagi merek yang baru hadir di Indonesia dengan tujuan memperingkas alur distribusi. Lazada menjual KATA i4 ini seharga Rp3.390.000. Dan seri i4 ini adalah tipe smartphone KATA paling premium yang dijual di Lazada selain juga seri-seri di bawahnya seperti KATA M2, I3s, F1s, dan yang termurah KATA F1 di Rp900ribuan.

Perlu diketahui juga, seluruh Smartphone KATA yang dijual di Lazada sudah bergaransi resmi KATA Indonesia yang telah membuka “KATA Store” di ITC Roxi Mas, Lantai 2 No.19 Jakarta, dan juga kabarnya akan dibuka juga “KATA Store” kedua di Blok M Plaza Jakarta sekitar bulan Mei 2015 ini. Dan saya berharap, semoga akan menyusul KATA Store lainnya di kota-kota lainnya seluruh Indonesia.

Unboxing

Kembali ke dalam kotak penjualan KATA i4 kita akan mendapatkan unit-nya, KATA i4, kepala charger dengan output 1000 mili Ampere, kabel data, earphone, dan buku panduan singkat juga kartu garansi yang bentuknya benar-benar seperti kartu ATM atau kartu kredit.

Kata-i4-Unboxing-GG

Design

Sektor desain sangat gamblang terlihat sebagai sektor unggulan di KATA i4 ini. Tidak seperti GALAXY Note 4 yang frame metal-nya dicat lagi sesuai dengan warna bodi keseluruhan, KATA i4 ini tampaknya ingin benar-benar menonjolkan ke-metalan-nya dengan hanya memberi tekstur brushed metal di samping yang terlihat “kinclong” dengan aksen “chamfered metal edge” pada tepiannya ala iPhone 5 yang menurut saya sangat sukses memberikan kesan mewah, kokoh dan premium.


Hanya punya keunggulan frame metal saja kah? Pastinya tidak. Ketipisan bodinya yang terjaga di bilangan 6,5mm saja mampu menyuntikkan kesan elegan nan cantik pada tampilannya. Tombol-tombol metal-nya juga sangat nyaman ketika ditekan dengan feedback clicky yang khas, dari sebuah tombol metal yang solid. Bobotnya juga cukup berat dan terasa mantap di genggaman.

Kata-i4-BackCover-GG

Cangkang belakang yang terbangun dari material polykarbonat berkualitas tinggi dengan tekstur matte-nya, mengingatkan saya pada backcover Asus Padfone S yang punya feel seperti karet lembut untuk meningkatkan grip di telapak tangan kita. Walau sayangnya masih menjadi magnet bagi minyak dan sidik jari.

Jadi memang tak terbantahkan, sektor desain benar-benar mendapat perhatian khusus pada KATA i4 ini. Dengan design yang memiliki aura kemewahan yang kental, build quality yang solid, dengan presisi pabrikan yang rapi.

User Interface

Topik Hot Lainnya:   Review ASUS Fonepad 8 (FE380CG)

Kontras dengan sektor desain yang sangat maksimalis, user interface KATA i4 tampil sangat minimalis. User interface yang digunakan adalah UI Android KitKat 4.4.2 murni dengan sedikit tambahan fitur dan aplikasi bawaan yang mereka anggap perlu.

Tambahan fitur yang bisa kita temukan di antaranya fitur untuk meningkatkan kualitas keluaran suara baik ketika menggunakan earphone, mau pun di saat hanya mengandalkan keluaran speaker bodi. Kemudian ada fitur ClearMotion yang fungsinya mampu mengoptimalkan frame rate video yang kita putar dengan harapan tampilannya menjadi lebih halus dan “gak patah-patah”.

Aplikasi bawaan seperti “Kata Cloud” yang memberikan layanan penyimpanan cloud gratis sebesar 10GB, juga aplikasi WipeOut yang fungsinya untuk mengoptimalkan RAM juga sudah tersedia secara pra-install.

Yang patut saya apresiasi adalah, selama pemakaian saya yang singkat ini, KATA sudah melempar 3 kali update firmware, yang artinya dukungan software di KATA i4 ini terbilang baik dan kekurangan-kekurangan yang masih ada secara berkala terus diperbaiki.

Display

Layarnya 5 inci-nya masih beresolusi HD (720×1280) dan belum Full HD (1080×1920). Para “pixel freak” mungkin akan kecewa tapi bagi kebanyakan orang kerapatan layar di angka 294 ppi (pixel per inch) sudah lebih dari cukup untuk merasakan sensasi tampilan layar yang tajam. Kelebihan lain resolusi layar HD adalah layar dengan resolusi ini juga akan lebih bersahabat dengan daya tahan baterai, meringankan kinerja prosesor dan RAM bila kita bandingkan dengan layar beresolusi lebih tinggi, misalnya Full HD.

Selain tajam, reproduksi warna dan tingkat kecerahan layarnya juga terbilang sangat baik. “Vieweing angle” atau keterlihatan layarnya pada sudut rendah juga layak untuk diacungi jempol tanpa terlihat perubahan atau pergeseran warna ketika kita melihat layarnya dari sudut pandang yang rendah. Sensitivitas layarnya pun sangat memuaskan berkat multitouch yang telah mendukung 5 sentuhan jari di saat yang bersamaan.

Teknologi Zero Air Gap di layarnya yang menghilangkan gap udara antara modul layar dengan panel keras kaca depan juga sukses berperan untuk mengurangi pantulan cahaya dari luar, meningkatkan responsivitas, dan mempertahankan kualitas reproduksi warna yang dihasilkan oleh panel layarnya.

Intinya panel layar yang digunakan pada KATA i4 ini adalah panel layar berkualitas tinggi. Hanya saja @GadgetGaul belum menemukan informasi mengenai teknologi proteksi layar yang digunakan.

Kata i4 Display Panel GG

Hardware

Ditopang oleh prosesor besutan Mediatek MTK 6592 yang sudah berinti delapan dengan clock-speed yang berlari di 1,7Ghz, dan didampingi RAM dengan besaran 2GB, kinerjanya terbilang memuaskan dengan kemampuan melahap dengan baik game bergrafik 3D terberat sekalipun yang ada di Google Playstore pada saat ini.

Dijajal game-game sekelas Kritika, Modern Combat 5 : Blackout, sampai The World II Hunting BOSS, kinerja KATA i4 ini mampu tampil prima dengan lag dan frame drop yang sangat minim terasa.

Kata i4 Games GG

Antutu versi 5.6.2 mengganjar kinerjanya dengan score 31.930, dan Quadrant Standart di 13.798. Gak jelek kan ?

Walaupun tidak memiliki MicroSD namun kapasitas penyimpanan internalnya yang sangat besar di 32GB sudah sangat memadai bagi @GadgetGaul.

Kemampuan transfer data antar smartphone atau dengan flashdisk akan semakin mudah berkat fitur NFC (Near Field Communication) dan USB On The Go yang sudah ditanamkan.

Baterainya tidak bisa dilepas alias built-in dengan kapasitas 2.300 mAh. Buat pemakaian @GadgetGaul yang relatif cukup berat, rata-rata baterainya mampu menemani aktivitas saya sampai sore hari menuju malam. Untuk browsing maupun gaming sebelum tidur, seringnya ponsel ini harus dalam posisi tercolok ke charger atau powerbank. Tentu kondisi tersebut akan berbeda-beda tergantung aktivitas ber-smartphone masing-masing orang.

Yang patut disayangkan adalah minusnya lampu notifikasi dan juga konektivitas 4G LTE. Kebutuhan smartphone dengan kapabilitas dual SIM belum bisa terakomodir di smartphone ini. Selain ketiga hal tersebut, sektor hardware di KATA i4 ini sudah bisa diandalkan.

Topik Hot Lainnya:   Daftar Harga Gadget Apple Juli 2013

Kamera

Resolusinya terbilang sangat tinggi, 16MP di belakang dan 8MP di depan. Keren kaan ? Tapi walaupun sama-sama beresolusi 16MP, jangan anggap kualitasnya sama dengan hasil tangkapan kamera GALAXY Note 4 ya. Karena kualitas modul plus sensornya jelas berbeda sehingga ketajaman gambar yang dihasilkan kamera KATA i4 ini masih tertinggal.

Kata i4 Hasil Foto Dalam Ruang GG

Walau demikian, kameranya terbilang dapat diandalkan dalam berbagai kondisi. Sensitivitas sensor terhadap cahaya juga cukup baik. Hal ini terlihat di saat memotret di dalam ruangan dengan pencahayaan yang bersumber hanya dari sebuah lampu hemat energi maka penggunaan lampu flash pada smartphone masih belum dibutuhkan. Walau ketajamannya jelas berkurang jika @GadgetGaul bandingkan hasil tangkapan outdoor yang sukses tampil lebih tajam dan “zero noise”.

Hanya saja, untuk menghasilkan hasil tangkapan dalam ruangan yang terbilang terang, kamera KATA i4 ini harus menyiasatinya dengan memperlambat shutter speed. Alhasil, pada kondisi pemotretan dalam ruangan baik kamera maupun objek sebisa mungkin tidak bergerak atau goyang. Sebenarnya ada pilihan fitur “Zero Shutter Delay” untuk mengatasi hal ini namun pada mode ini kualitas hasil tangkapan akan menurun drastis sehingga tidak saya rekomendasikan.

Kata i4 Hasil Foto Luar Ruang GG
Para pencinta selfie juga dimanjakan dengan kualitas kamera depan dengan resolusi 8MP-nya yang kembali tampil apik buat ukuran sebuah kamera depan sebuah smartphone.

Fitur-fitur kamera-nya juga terbilang lengkap :  voice and gesture shutter, beauty selfie mode, HDR, Panorama, multi-angle shot, live photo mode, motion track hingga pilihan scene dan efek lengkap tersedia di sini.

Kata i4 Hasil Selfie GG

Multimedia

Kualitas keluaran suara earphone bawaannya terbilang biasa saja, namun bila kita menggantinya dengan earphone lain yang lebih berkualitas maka musikalitas KATA i4 ini akan jauh membaik.

Berbeda dengan kualitas keluaran suara speaker built-in-nya, yang terbilang memuaskan. Dinamika reproduksi suaranya cukup terjaga dan tidak terdengar flat atau kering. Dengan tingkat kebisingan yang cukup keras, speaker bodi KATA i4 tergolong nyaman digunakan untuk aktivitas streaming YouTube atau sekedar menonton video klip musik misalnya.

Kesimpulan

Melihat KATA i4 ini, mengingatkan saya di saat handphone masih tersegmentasi dan memiliki spesialisasinya masing-masing seperti HP kamera, HP musik, HP game, HP bisnis, dan yang biasanya harganya paling mahal sendiri yaitu HP fashion.

Yup, bila trend tersebut masih ada, KATA i4 ini dengan mudah akan dikategorikan sebagai HP fashion yang terfokus pada keindahan eksterior yang mewah, solid, nan elegan. Keberadaannya terlihat pas ketika diletakkan pada meja meeting para eksekutif, meja kopi di kafe-kafe mahal, sampai dashboard sebuah sedan mewah.

Kata i4 Body GG
Sayangnya untuk mengejar predikat sebagai smartphone yang mampu terlihat dan terasa premium ini, beberapa sektor pada KATA i4 harus dikorbankan seperti absennya konektivitas 4G LTE, slot MicroSD, dukungan dual SIM dan juga earphone bawaan yang seharusnya bisa lebih baik lagi kualitasnya.

Menemani keindahan desain fisiknya, beberapa hal lain yang patut kita apresiasi dari KATA i4 adalah penggunaan layar berkualitas tinggi, keberadaan Near Field Communication (NFC) yang bikin praktis transfer data, kamera depan dan belakang yang bisa diandalkan (walau masih belum setajam kamera 16MP smartphone flagship merek ternama), kapasitas penyimpanan internal yang super lega di 32GB dan kinerja hardware yang mumpuni.

Jadi, di kisaran harga Rp3 jutaan, ada Asus PadFone S buat para “spec freak” yang hobi menyiksa smartphone-nya dengan game-game kelas berat, ada juga Samsung Galaxy A3 yang menyasar pecinta desain yang premium nan cantik dan elegan. Sekarang ada KATA i4 yang punya otak yang encer di dalam desain yang aduhai.

Yang diuntungkan? Kita pastinya, para konsumen, yang kini punya lebih banyak pilihan sesuai selera masing-masing.