Beranda Review

[REVIEW] Mengenang Masa Sekolah Lewat Game “Kuis Indonesia”

75
0

Sebuah pengembang game dalam negeri yang menamakan dirinya Ritekno Team menghadirkan permainan yang bisa dibilang dapat membuat kita bernostalgia dengan masa-masa sekolah. Nama permainan tersebut adalah Kuis Indonesia!

riteknoplay.google.com

Dalam website resmi Ritekno, sebenarnya mereka menyebutkan bahwa permainan ini ditunjukan untuk mengasah pengetahuan Gadgeteers tentang Indonesia maupun mata pelajaran umum yang ada di negara ibu pertiwi ini. Tetapi di sana lah intinya.

Mata pelajaran umum yang disajikan oleh permainan ini hampir semuanya berada semasa kita bersekolah dulu. Mata pelajaran yang dikuiskan dalam Kuis Indonesia buatan Ritekno Team ini diantaranya seperti Matematika, Geografi,  Olahraga, Fisika, Biologi, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Sosiologi, Bahasa Daerah dan pelajaran lainnya.11079

Untuk dapat memainkan permainan ini tidak ada syarat khusus. Ketika awal pertama kali membuka permainan ini Gadgeteers diharuskan mengisi nama. Setelah itu akan muncullah menu utama dari Kuis Indonesia ini.

11080

Pilih Uji Pengetahuan dan Gadgeteers akan disajikan begitu banyak pilihan mata pelajaran, selain itu bila Gadgeteers terus scroll ke bawah. Akan ada beberapa pilihan kuis yang berbeda seperti Benar Salah atau Tebak Nada. Satu mata pelajaran terdiri dari kurang lebih 10 soal, dan bila jawaban Gadgeteers salah nantinya nilainya pun akan berkurang.

Sama seperti semasa sekolah, bila Gadgeteers terlalu banyak menjawab salah maka nilainya pun akan kecil, dan itu artinya Gadgeteers tidak lulus mata pelajaran tersebut. Bila tidak lulus maka mata pelajaran tersebut akan terus berada di sana dan score Gadgeteers pun tidak akan naik.

11083

Menariknya, Kuis Indonesia ini menyajikan mode duel. Gadgeteers tidak harus menyediakan dua perangkat berbeda untuk dapat memainkan mode ini. Nantinya layar permainan akan terbagi dua secara otomatis yaitu atas dan bawah. Tentunya tampilannya pun dibuat saling terbalik. Dalam mode ini, yang harus Gadgeteers lakukan sama seperti sebelumnya yaitu menjawab pertanyaan. Hanya saja bila ternyata Gadgeteers terlalu lama berpikir sehingga soal yang dimiliki oleh teman Gadgeteers terjawab duluan, maka soal tersebut akan dianggap salah.

Topik Hot Lainnya:   Review HP 14-af118AU, Notebook AMD Entry-Level untuk Pelajar & Mahasiswa

Bila ternyata ketika sudah menjawab, dan jawabannya pun salah. Maka itu merupakan keuntungan bagi lawan. Karena soal lawan akan dianggap benar walaupun ia tidak menjawabnya sama sekali. Bagaimana, menarik bukan?

Kuis Indonesia ini mendapatkan penilaian 7,5 dari total 10. Hal tersebut dikarenakan iklan yang kadang masuk di tengah-tengah permainan. Mungkin kalau ketika berada di main menu sih tidak apa-apa, tetapi ketika berada di tengah-tengah permainan kan dapat mengganggu konsentrasi. Apalagi kalau sedang bermain mode duel.

Nah, Kuis Indonesia sayangnya hanya tersedia untuk perangkat Android. Jadi untuk dapat memainkannya Gadgeteers harus mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store.

Diedit oleh WN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + one =