Beranda Review

[Review] Menjajal Asus ZenFone 5 ZE620KL Setelah Kebagian Update Android Pie

199
1

Semangat baru di Tahun 2019. Awal Januari ini, Asus merilis update Android Pie ke Zenfone 5 ZE620KL. Melompati versi 8.1 kita bisa mengharapkan fitur tambahan tanpa adanya bugs yang mengganggu. Apakah Zenfone 5 semakin OK? Atau malah sering muncul error tiba-tiba? Saya Arfi dan ini Zenfone 5 setelah update Android Pie.

Jika Gadgeteers mengharapkan perubahan yang mendalam seperti user interface yang baru sepertinya harus dibuang jauh-jauh. Android Pie pada Zenfone 5 ini masih menggunakan ZenUI 5. Bisa dibilang ini seperti Android Pie dengan skin ZenUI 5.

Beberapa ciri Android Pie bisa dilihat di beberapa UI-nya seperti pengaturan volume yang posisinya mepet ke samping dan hanya mengubah volume media. Sayangnya menu tombol power masih tradisional yang menumpuk ditengah. Tampilan di recent apps juga berubah yang sebelumnya memilih aplikasi secara vertikal, sekarang menjadi horizontal dengan akses menu tambahan seperti pinned apps, splitscreen, informasi aplikasi, dan mematikan aplikasi yang mudah diakses.

Terdapat perubahan yang cukup mencuri perhatian saya, yaitu animasi saat muncul notifikasi yang cukup fluid dan juga fitur zoom pada pemilihan text. Kalau Gadgeteers punya headset bluetooth, tidak perlu menebak-nebak kondisi baterainya karena informasi tersebut tampil walaupun tidak secara langsung muncul di icon notifikasinya.

Android Pie membawa navigation gesture yang cukup menjadi keluhan karena terasa menyulitkan dan tidak efisien. Hal itu sayangnya tidak terjadi di Zenfone 5. Untuk masuk ke recent apps bisa swipe up tombol home atau geser ke kanan dan kiri untuk berpindah aplikasi secara cepat. Untuk app drawer sendiri cukup swipe-up dari dock dan langsung masuk ke daftar aplikasi. Tidak perlu double swipe up seperti di Android murni. Tentu saja jika Gadgeteers tidak suka, pilihan untuk tombol tradisional dan gesture alternatif juga tersedia.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Chicken Scream, Game dengan Kontrol Suara

Sisi kanan pada tombol navigasi dengan cerdas bisa berubah menyesuaikan aplikasi yang kita buka. Umumnya, disediakan tombol scaling untuk menyesuaikan aplikasi apakah mau fullscreen atau tidak. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengubah orientasi layar tanpa harus mengaktifkan auto-rotate. Terakhir, saat bermain game akan muncul ikon controller untuk membuka menu game genie. Didalamnya terdapat pilihan untuk merekam gameplay, menon-aktifkan notifikasi, dan membersihkan memori.

Sayangnya sampai saat ini, aplikasi Digital Wellbeing untuk monitor dan membatasi penggunaan smartphone masih tidak tersedia. Bisa saja menginstall dari sumber di luar Play Store, namun fitur timer dan wind down tidak aktif dan hanya bisa melihat penggunaan smartphone kita saja.

Performa Zenfone 5 pada Android Pie bisa dibilang sangat baik. Bahkan setiap transisi saat membuka aplikasi, pindah ke aplikasi lain, dan kembali ke menu utama sangat lancar. Aduh ini Barca pake kalah segala dah.

Dari hasil benchmark juga tidak perubahan performa. Skor yang diberikan tidak berbeda jauh dibandingkan saat pertama rilis baik itu dalam kondisi normal atau saat AI Boost aktif.

Untuk daya tahan baterai tidak ada perubahan yang signifikan. Padahal di Android Pie terdapat fitur Adaptive Battery. Terukur untuk penggunaan normal screen on time dari 5-6 jam dengan standby time 10-13 jam. Hasil kameranya juga tidak mengalami perubahan yang signifikan. Fitur dan UI masih tampak sama seperti sebelumnya.

Terdapat sedikit bugs yang bagi saya sendiri tidak terlalu mengganggu. Yang pertama adalah saran atau suggestion yang ada di pengaturan untuk mengaktifkan night light atau blue filter. Saat ditekan akan force closed dan kembali ke home. Cukup tekan x agar suggestionnya hilang. Satu lagi bug yang muncul adalah opsi tingkat grafis dan frame rate pada PUBG Mobile menjadi terbatas. Tidak bisa memilih grafis HD dan tingkat frame rate hanya tersedia low dan medium. Untungnya, bug seperti ini hanya muncul di game PUBG Mobile saja. Sedangkan di Arena of Valor, Mobile Legends, dan Asphalt 9 tidak ada kendala sama sekali.

Topik Hot Lainnya:   [REVIEW] Berbagi Cerita Unik Dalam Foto & Video dengan Steller

Update Android Pie pada Zenfone 5 memang tidak memberikan perubahan yang signifikan. Yang saya lihat ya hanya Android Pie dengan tampilan ala ZenUI. Tidak ada fitur tambahan yang diberikan Asus pada update ini dan untuk Gadgeteers yang rajin bermain PUBG Mobile dan membutuhkan tingkat frame rate high jangan dulu update ke Android Pie.

Itu tadi beberapa perubahan yang ada di Update Pie Zenfone 5. Share jika suka dan jangan lupa kunjungi dan subscribe channel GadgetGaul di YouTube supaya tidak ketinggalan video unboxing, hands-on, dan review terbaru dari kami. Saya Arfi undur diri, jumpa lagi di review berikutnya.

WN

1 KOMENTAR

  1. Mas Zenfone 5 sy untuk rekaman video outdoor bagus, tapi setelah masuk ruangan indoor videonya jadi jelek banget kualitas nya.. apa di hp Asus mas juga?? Thanks

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − 8 =